get app
inews
Aa Read Next : BKPSDMD Cimahi Lakukan Tes Urine pada 240 Orang Staf Dinas Lingkungan dan RSUD Cibabat

Pemkot Cimahi Gelar Peningkatan Kapasitas Tagana

Selasa, 30 Mei 2023 | 17:05 WIB
header img
Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Sosial menggelar kegiatan peningkatan kapasitas anggota Tagana, di Aula Kecamatan Cimahi Selatan, Selasa (30/5/2023). (Foto: Istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Sosial menggelar kegiatan peningkatan kapasitas anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana), di Aula Kecamatan Cimahi Selatan, Selasa (30/5/2023). Hal ini penting untuk dilakukan agar dapat mengingkatkan keahlian konseptual dan teknis seluruh anggota Tagana.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, mulai 30 Mei hingga 31 Mei 2023 ini diikuti oleh sebanyak 40 orang anggota Tagana Kota Cimahi, berasal dari 15 Kelurahan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan mengungkapkan kegiatan peningkatan kapasitas Tagana Tahun 2023, ini merupakan wujud tanggung jawab dan perhatian dari Pemerintah Kota Cimahi kepada anggota Tagana karena anggota Tagana harus bisa menjadi motivator, mediator, komunikator, katalisator dan mobilisator di dalam penanganan masalah kebencanaan.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan agar para Taruna yang tergabung dalam Tagana ini menjadi Taruna yang betul-betul siaga ketika ada bencana. Tapi tentunya kita berharap bencana itu tidak ada, meski demikian kita wajib untuk tetap bersiap-siap,” ujar Dikdik, dalam siaran persnya.

Lebih lanjut Dikdik mengungkapkan peran Tagana berada di tahap rescue. Ada tiga tahapan kesiapsiagaan bencana, rescue, recovery dan rekonstruksi. Tagana banyak berperan di tahap rescue.

Menurut dia, penanggulangan bencana baik alam maupun non alam bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, tetapi semua pihak baik pemerintah pusat maupun daerah, masyarakat dan unsur yang lainnya dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut