get app
inews
Aa Read Next : 78 Mahasiswa dari 21 Negara Percaya dan Belajar di SBM ITB

ESG dalam Konteks Global: UMKM, Tata Kelola Berkelanjutan, dan Perubahan Iklim

Kamis, 29 Agustus 2024 | 18:22 WIB
header img
Hari kedua ICMEM 2024 yang diadakan SBM ITB. (Foto: istimewa)

Di akhir sesinya, Prof. Togar merekomendasikan best practice untuk penerapan tata kelola berkelanjutan. Dari ditunjuknya Head of Sustainability hingga dibentuknya tim penyokong Sustainability Team, ia menekankan pendekatan holistik dalam struktur organisasi. 

 

Sesi pemaparan diakhiri oleh Dr. Jamshed Ali yang membawakan topik tantangan pasar berkembang (emerging markets). “Potensi dari pasar berkembang sangatlah besar, karena produk domestik bruto (PDB) pasar berkembang mencangkup 55% dari total PDB dunia, dan populasi dalam pasar berkembang mencapai 5 milyar jiwa,” jelasnya.

 

Saat ini pasar berkembang menghadapi tantangan besar dari perubahan iklim. Pasar berkembang lebih rentan terkena dampak negatif perubahan iklim, terutama karena porsi sektor agrikultur yang sangat besar di pasar ini. Pasar berkembang juga secara umum memiliki akses finansial yang lebih rendah. Ditambah dengan kesenjangan teknologi yang masih cukup signifikan, pasar berkembang dilihat sebagai pasar dengan risiko tinggi oleh investor.

 

Menanggapi tantangan-tantangan tersebut, dibutuhkan kebijakan untuk mendorong investasi ke struktur yang tahan iklim, investasi yang berfokus kepada aktivitas ekonomi yang mampu beradaptasi akan perubahan iklim atau yang mampu memitigasi dampak negatif perubahan iklim di sektor bisnis yang rentan iklim seperti agrikultur. 

 

Sesi pembuka hari kedua ICMEM 2024 menyoroti banyak sisi ESG dalam pasar berkembang. Di masa depan, penerapan konsep ESG akan mendorong peningkatan kapasitas ekonomi baik di korporasi maupun UMKM.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut