get app
inews
Aa Read Next : 78 Mahasiswa dari 21 Negara Percaya dan Belajar di SBM ITB

ESG dalam Konteks Global: UMKM, Tata Kelola Berkelanjutan, dan Perubahan Iklim

Kamis, 29 Agustus 2024 | 18:22 WIB
header img
Hari kedua ICMEM 2024 yang diadakan SBM ITB. (Foto: istimewa)

DENPASAR, iNewsCimahi.id - Hari kedua International Conference in Management on Emerging Markets (ICMEM) 2024 yang diadakan oleh Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB (SBM ITB) dimulai dengan sesi sharing dari Prof. Suhaiza Zailani Professor of Supply Chain Management University of Malaya Malaysia, Dr. Jamshed Ali, Ketua Sustainable Finance and Fintech Beaconhouse National University Pakistan, dan Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M. Tech., Ph.D. Profesor Operations and Supply Chain Management SBM ITB. Hari kedua ICMEM 2024 diselenggarakan di The Patra Hotel, Bali pada 29 Agustus 2024.

 

Prof. Suhaiza Zailani memulai sesi dengan pemaparan tentang aksi pemerintah Malaysia dalam adopsi konsep ESG dan aplikasinya untuk UMKM Malaysia. “ESG tidak hanya untuk perusahaan besar, UMKM pun bisa mengambil manfaat dari ESG,” jelasnya.

 

Saat ini, UMKM Malaysia masih mengalami isu dalam kesadaran (awareness) tentang isu ESG, sehingga sulit untuk mengedukasi pelaku UMKM tentang bagaimana cara menerapkan konsep ESG dalam bisnisnya. “Padahal, penerapan ESG dapat membantu UMKM untuk mendapatkan reputasi bisnis yang baik dan menarik investor,” ungkap Prof. Suhaiza. Saat ini ia menekankan pentingnya intervensi pemerintah Malaysia dalam mendorong edukasi penerapan ESG di UMKM, dan solusi yang mirip dapat juga diterapkan di Indonesia.

 

Sesi dilanjutkan dengan pemaparan oleh Prof. Togar, menarik fokus peserta konferensi secara khusus ke tata kelola berkelanjutan perusahaan (sustainable corporate governance). Menurutnya, tata kelola berkelanjutan adalah sistem, peraturan, struktur, dan praktek yang memastikan bahwa perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

 

“Tata kelola berkelanjutan hanya bisa dicapai jika elemen internal dan eksternal selaras,” ujarnya. Tata kelola menjadi penting dalam konteks tantangan terkini yang menyangkut etika bisnis dan partisipasi global sebuah perusahaan. Ia mengambil contoh Philips Healthcare yang memiliki integrasi lima sisi antara strategi perusahaan, data dan sistem, struktur dan tata kelola, manajemen kinerja, dan budaya dan SDM. 

 

Masih banyak tantangan dalam tata kelola berkelanjutan, tetapi tantangan tersebut juga membuka peluang untuk berkembang. Ketidakpastian membuka peluang untuk strategi peningkatan resiliensi, rendahnya akuntabilitas membuka peluang untuk pengembangan kebijakan transparansi, dan kompleksitas faktor pengambilan keputusan membuka peluang untuk keterlibatan pemangku kepentingan untuk relevansi perusahaan. 

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut