Irfan Fakhri Muhammad, Founder dari Parakarsa, turut berbagi pengalaman mengenai riset pasar dan implementasi Go-To Market Strategy. Dalam sesi ini, ia memperkenalkan konsep Sustainable Development Goals (SDGs) dan menjelaskan bagaimana riset pasar yang baik dapat membantu UMKM dalam menciptakan produk yang lebih relevan dengan kebutuhan pasar. Ia juga mengajarkan penggunaan empathy map, sebuah alat yang membantu pelaku UMKM memahami karakter dan kebutuhan target pasar mereka secara lebih mendalam.
Mengakhiri rangkaian acara, Santi Novani, S.Si, M.T., Ph.D., Head of Sadulur Program, memperkenalkan aplikasi Sadulur.
“Aplikasi ini diharapkan menjadi ekosistem baru untuk kolaborasi antara akademisi dan pemerintah. Aplikasi ini menyediakan informasi yang dibutuhkan pelaku UMKM, mulai dari strategi pemasaran hingga izin usaha, serta coaching dalam bentuk modul video sehingga kami (sebagai akademisi) mampu memantau performa bisnis UMKM yang terpersonaliasi melalui aplikasi ini," jelasnya, setelah mengikuti program coaching ini.
Workshop ini memberikan wawasan baru dan alat-alat praktis bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka secara inovatif dan adaptif, sesuai dengan tantangan dan peluang yang ada di pasar saat ini. Melalui program Sadulur, diharapkan UMKM di Jawa Barat dapat terus tumbuh dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional.
Editor : Okky Adiana