get app
inews
Aa Read Next : 78 Mahasiswa dari 21 Negara Percaya dan Belajar di SBM ITB

Program Sadulur SBM ITB: Kolaborasi Berbasis Aplikasi Bimbing Pelaku UMKM Menuju Pertumbuhan Ekonomi

Senin, 26 Agustus 2024 | 15:55 WIB
header img
Tim Sadulur yang berada di bawah naungan SBM ITB menggelar workshop bertema "Membangun Bisnis UMKM yang Inovatif dan Adaptif melalui Riset Pasar yang Akurat." (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Tim Sadulur yang berada di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) menggelar workshop bertema "Membangun Bisnis UMKM yang Inovatif dan Adaptif melalui Riset Pasar yang Akurat." 

 

Acara ini ditujukan kepada para akademisi dan pelaku UMKM, khususnya mereka yang berasal dari Desa Ciroyom dan Cirata di bawah pembinaan Dinas Perhubungan (Dishub), serta beberapa wilayah desa lainnya di Jawa Barat. Fokus utama dari kegiatan ini adalah sektor makanan dan minuman (FnB), fashion, dan kerajinan.

Ketua Kelompok Keilmuan Decision Making dan Strategic Negotiation, Pri Hermawan, S.T., M.T., Dr. Eng., mengungkapkan harapannya agar acara ini bisa memberikan dampak yang nyata bagi para peserta. Ia menekankan pentingnya pelatihan dan menciptakan platform kolaborasi antar peserta UMKM untuk mendorong keberlanjutan bisnis.

 

Senada dengan itu, Head of Societal Impact SBM ITB, Dr. Yunieta Anny Nainggolan, menegaskan pihaknya ingin mendukung pertumbuhan pemerintahan dalam bidang ekonomi dengan memberikan kontribusi nyata melalui Sadulur.

"Yang akan mengembangkan UMKM di Indonesia dalam manajemen, SDM, keuangan, bisnis, teknologi, dan negosiasi agar bisnis lebih berkelanjutan," jelasnya.

 

Dukungan penuh terhadap UMKM juga disampaikan oleh Dekan SBM ITB, Prof. Dr. Ir. Ignatius Pulung Nurprasetio, M.SME dia menekankan bahwa UMKM memiliki peran besar dalam perekonomian Indonesia, yang terbukti dari kontribusi mereka terhadap PDB nasional. Melalui program Sadulur yang berbasis riset dan kemitraan dengan pihak luar negeri, diharapkan potensi UMKM Indonesia dapat dioptimalkan sehingga masa depan ekonomi Indonesia akan semakin cerah.

 

Selain itu, Ketua ESG ITB, Melia Famiola Hariadi, menyoroti pentingnya mengintegrasikan pertumbuhan ekonomi dengan perhatian terhadap isu-isu lingkungan.  
 

"Pertumbuhan ekonomi mulai dirasakan dampaknya lebih luas, melampaui sekadar sisi ekonomi dan sosial. Kami di SBM ITB ingin memberikan dampak pertumbuhan ekonomi yang ramah lingkungan dan menata ulang kehidupan peradaban kita," ucapnya.

 

Workshop ini juga menghadirkan pembicara dari Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Dr. Tatang Suryana, M.Si., yang menyoroti pentingnya digitalisasi dalam pengelolaan UMKM. Tatang juga menbdorong masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas layanan pemerintah, termasuk hak paten dan legalitas, guna memperkuat posisi bisnis mereka. Pemerintah, melalui aplikasi SINGAKOTA, juga berupaya mempermudah proses pendaftaran UMKM, khususnya di Jawa Barat.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut