get app
inews
Aa Read Next : Dosen SBM ITB sosialisasikan pelaporan Keberlanjutan Agar Bisnis Hindari Greenwashing

Pengabdian Masyarakat Dosen SBM ITB untuk Tingkatkan Kesadaran Lingkungan di Kepulauan Babel

Selasa, 02 Juli 2024 | 18:55 WIB
header img
SBM ITB menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT-KUMKM) Provinsi Kepulauan Babel, kegiatan ini dilakasakan selama tiga hari mulai 1-3 Juli 2024. (Foto: istimewa)

BANGKA BELITUNG, iNewsCimahi.id - Dosen dari Kelompok Keahlian Operasi dan Manajemen Produksi (KK OPM) Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) bekerja sama dengan Dinas Koperasi Kepulauan Bangka Belitung sukses menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung  di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT-KUMKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kegiatan ini dilakasanlan selama tiga hari mulai 1-3 Juli 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman konsultan dan pendamping UMKM tentang pentingnya analisis pemborosan, penerapan konsep 5S, dan identifikasi serta pengelolaan bottleneck dalam proses produksi. 

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 25 peserta ini dibuka oleh Ketua KK OPM, Prof. Dermawan Wibisono. Prof. Dermawan menyampaikan pentingnya penerapan analisis pemborosan dan efisiensi produksi dalam meningkatkan daya saing UMKM di era modern ini. Prof. Dermawan menyatakan. 

"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis tetapi juga aplikasi praktis yang dapat langsung diterapkan oleh UMKM. Dengan demikian, UMKM dapat lebih berdaya saing dan berkontribusi positif terhadap perekonomian lokal," ujarnya.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut