get app
inews
Aa Read Next : Dosen SBM ITB sosialisasikan pelaporan Keberlanjutan Agar Bisnis Hindari Greenwashing

Pengabdian Masyarakat Dosen SBM ITB untuk Tingkatkan Kesadaran Lingkungan di Kepulauan Babel

Selasa, 02 Juli 2024 | 18:55 WIB
header img
SBM ITB menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT-KUMKM) Provinsi Kepulauan Babel, kegiatan ini dilakasakan selama tiga hari mulai 1-3 Juli 2024. (Foto: istimewa)

Identifikasi dan Pengelolaan Bottleneck

Sesi terakhir fokus pada pengenalan konsep bottleneck dalam proses produksi. Bottleneck adalah titik dalam proses yang menghambat aliran kerja dan mengurangi efisiensi keseluruhan. 

"Peserta diajak untuk mengidentifikasi bottleneck dalam aktivitas sehari-hari maupun dalam konteks produksi skala kecil, serta diberikan solusi praktis untuk mengelola dan mengurangi dampak dari bottleneck tersebut," imbuhnya.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi tinggi dari pendamping dan konsultan UMKM. Salah satu peserta, Rifqi, menyatakan, dirinya sangat terbantu dengan pengetahuan baru yang saya peroleh tentang analisis pemborosan, bottleneck dan penerapan 5S. 

"Ini akan sangat bermanfaat bagi keluarga dan komunitas kami," pungkas Rifqi.

Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini, diharapkan dapat mendorong perubahan positif dalam pola pikir dan kebiasaan UMKM di provinsi Bangka menuju bisnis berkelanjutan.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut