get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Godok Sejumlah Nama untuk Pilgub Jabar, Ada Tiga Calon Salah Satunya Susi Pudjiastuti

SBM ITB dan Dekranasda Jabar Mengakselerasi Digital Marketing UMKM

Rabu, 26 Juni 2024 | 13:46 WIB
header img
Para pelaku UMKM dipandu dalam langkah mempersiapkan para pelaku UMKM dipandu dalam langkah mempersiapkan live streaming. (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Berbekal telepon genggam dan produk di tangan, 41 orang pelaku UMKM dari berbagai kota di Jawa Barat, praktik mempersiapkan live streaming di aula Sekretariat Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat. 

Dilansir dari Katadata, 83,7% masyarakat Indonesia pernah menyaksikan live streaming di berbagai platform marketplace. Live shopping pun kini menjadi salah satu metode penjualan yang paling populer di Indonesia. 

Di pelatihan ini, para pelaku UMKM dipandu dalam langkah mempersiapkan live streaming mulai dari menentukan produk, membuat voucher diskon, hingga mempersiapkan interaksi antara pelaku UMKM dan penonton live streaming. 

Praktik live streaming adalah praktik pertama dari rangkaian program pengabdian masyarakat yang diinisiasi SBM ITB bekerja sama dengan Dekranasda Jawa Barat yang bertemakan Memaksimalkan Penjualan dengan Digital Marketing.

“Usaha saya yang terberat adalah membuat yang jadul menjadi kekinian. Pelaku UMKM asal Bandung Ujar Itha Tantiana.

Pemilik Es Puter Delapanrasa ini merasakan tantangan dalam menjual produk konvensional ke konsumen yang semakin modern. 

"Tantangan ini menjadi salah satu fokus dalam pelatihan, yaitu mengemas produk UMKM agar menarik bagi pembeli dengan perilaku dan preferensi yang semakin condong ke platform digital," kata dia.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut