get app
inews
Aa Read Next : Rasyid Rajasa Dorong UMKM Cimahi Naik Level

Pj Wali Kota Cimahi Canangkan Pemberian Antigen Baru Introduksi Rotavirus dan HPV

Rabu, 09 Agustus 2023 | 06:00 WIB
header img
Dinas Kesehatan Kota Cimahi mencanangkan pemberian Introduksi Rotavirus sekaligus pemberian HPV. (Foto: Istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Dinas Kesehatan Kota Cimahi mencanangkan pemberian Introduksi Rotavirus sekaligus pemberian Human Papillomavirus Vaccine (HPV), dimana keduanya merupakan antigen baru yang diberikan kepada anak. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar BPK Penabur, Kota Cimahi, Selasa (8/8/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Mulyati mengatakan kegiatan introduksi antigen baru HPV pada program bulan imunisasi anak sekolah dan Rotavirus (RV) pada program imunisasi rutin bayi.

Kegiatan bias HPV pada Agustus ini juga bersamaan dengan imunisasi campak Rubella pada kelas 1 Sekolah Dasar dan program bulan imunisasi anak sekolah ini akan dilanjutkan pada November, kelas 1 Imunisasi difteri tetanus, kelas 2 dan 5 imunisasi tetanus difteri.

“Pencanangan ini merupakan salah satu upaya peningkatan program imunisasi dalam memutus mata rantai penyebaran penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, yaitu penyakit kanker mulut rahim dan penyakit diare," ujar Mulyati, dalam siaran persnya.

Imunisasi RV akan diberikan mulai tanggal 15 Agustus 2023 secara serentak di seluruh Puskesmas di Kota Cimahi. Imunisasi RV diberikan secara oral dengan dosis 0,5 ml (5 tetes) sebanyak 3 dosis pada bayi usia 2,3 dan 4 bulan dengan interval minimal 4 minggu. Imunisasi Rvdosis terakhir diberikan pada bayi usia 6 buan 29 hari.

Pencapaian target Imunisasi RV sekurang-kurangnya 90% merata diseluruh kelurahan. Berdasarkan data estimasi sasaran 100% diseluruh Kota Cimahi sebanyak 9.718 bayi/tahun atau 729 bayi/bulan (target 90%), sehingga perhitungan cakupan sampai dengan akhir tahun 2023 adalah : Dosis 1: 3.645 bayi (Agustus-Desember 2023), Dosis 22.916 bayi (September-Desember 2023), dan Dosis 3 : 2.187 bayi (Oktober-Deember 2023).

Editor : Okky Adiana

Follow Berita iNews Cimahi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut