get app
inews
Aa Read Next : Pelaksanaan UTBK di UPI Gelombang I Tahun 2024 Berjalan Sukses dan Lancar

UPI Selenggarakan Pengukuhan untuk 8 Guru Besar, Ini Kata Rektor

Selasa, 06 Juni 2023 | 20:31 WIB
header img
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan pengukuhan guru besar di Gedung Achmad Sanusi UPI, selama dua hari (6-7/6/2023). (Foto: Okky Adiana)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan pengukuhan guru besar di Gedung Achmad Sanusi UPI, selama dua hari (6-7/6/2023). Ada 8 guru besar yang dikukuhkan oleh kampus UPI.

Kedelapan guru besar itu yakni, Prof. Dr. Drs. Aceng Kosasih, M.Ag, Guru Besar/Profesor bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial membahas membangun karakter bangsa melalui peningkatan literasi dzikir.

Pemilkiran kedua disampaikan oleh Prof. Dr. Komarudin, M.Pd, Guru Besar/Profesor bidang Ilmu Psikologi Olahraga pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan membahas tentang integrasi latihan psikologis dalam periodisasi latihan untuk meningkatkan performa atlet.

Pemikiran ketiga disampaikan oleh Prof. Dr. Agus Mulyana, M.Hum, Guru Besar/Profesor bidang pada Bidang Ilmu Sejarah pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial membahas tentang historiografi buku teks pelajaran sejarah di sekolah; antara ideologisasi politik dan studi kritis.

Pemikiran keempat disampaikan oleh Prof. Agus Rusdiana, S.Pd., M.A., Ph.D, Guru Besar/Profesor bidang Biomekanika Olahraga pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan yang membahas tentang pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam kajian biomekanika olahraga.

Sesi kedua, Rabu 7 Juni 2023 dalam penyelenggaraan pengukuhan guru besar Universitas Pendidikan Indonesia mengangkat empat pemikiran yaitu, pemikiran pertama disampaikan Prof. Dr. Dra. Sri Setyarini, M.A.Ling, Guru Besar/ Profesor bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra yang membahas keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher-order thinking skills) dalam pembelajaran bahasa inggris untuk membangun generasi kritis abad 21.

Pemikiran kedua disampaikan Prof. Vina Adriany, M.Ed., Ph.D, Guru Besar/ Profesor bidang Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini dan Gender pada Fakultas Ilmu Pendidikan yang membahas tentang isu keadilan sosial dalam pendidikan anak usia dini:sebuah tinjauan kritis.

Pemikiran ketiga disampaikan Prof. Ahmad Bukhori Muslim, S.Pd., M.Ed., Ph.D, Guru Besar/ Profesor Bidang Ilmu Linguistik Pendidikan pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra yang membahas mobilitas internasional sebagai media pembelajaran bahasa inggris kaum milenial: sebuah perspektif educational linguistics.

Pemikiran keempat disampaikan Prof. Dr. Leli Halimah, M.Pd, Guru Besar/ Profesor dalam Bidang Ilmu Pengembangan Kurikulum pada Kampus UPI di Cibiru yang membahas pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini dalam perspektif developmentally appropriate practice.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut