get app
inews
Aa Read Next : Rasyid Rajasa Dorong UMKM Cimahi Naik Level

Pj Wali Kota Cimahi Minta HKB untuk Jadi Momentum Membentuk Masyarakat Siaga

Kamis, 25 Mei 2023 | 19:50 WIB
header img
Pemerintah Daerah Kota Cimahi berkomitmen untuk membentuk masyarakat yang sigap dan tangguh bencana. (Foto: Istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Pemerintah Daerah Kota Cimahi berkomitmen untuk membentuk masyarakat yang sigap dan tangguh bencana. Hal tersebut dikemukakan Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan dalam amanat apel kesiapsiagaan bencana dalam rangkaian peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023.

Apel kesiapsiagaan bencana Kota Cimahi dilaksanakan di halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi, Kamis (25/5/2023).

Dalam apel kesiapsiagaan bencana yang dihadiri oleh seluruh stakeholders kebencanaan Kota Cimahi, Dikdik menyampaikan HKB ini penting bagi seluruh masyarakat, sebagai salah satu media edukasi dan sosialisasi respon awal kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

“Jadikan HKB ini sebagai momentum untuk meningkatkan sinergitas, keterlibatan dan partisipasi semua pihak ataupun stakeholder serta komponen masyarakat yang ada di Kota Cimahi, karena kita sadari bahwa upaya penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan secara sentralistik melainkan memerlukan peran aktif seluruh pihak,” tegas Dikdik, dalam siaran persnya.

Menurutnya program kesiapsiagaan bencana dilakukan guna meminimalisir ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi, meminimalisir kerentanan masyarakat, meminimalisir akibat dan dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

Karenanya ia mengingatkan HKB ini bukan hanya sekadar seremoni, namun harus menjadi momentum untuk menguatkan kembali eksistensi masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana berbasis komunitas sebagai komponen utama dalam upaya pengurangan risiko bencana di masa depan.

“Mari kita bersinergi menyusun gerak langkah dalam menghadapi bencana, membangun karakter budaya sadar bencana sesuai dengan tema HKB Tahun 2023 yaitu Tingkatkan Ketangguhan Desa atau Kelurahan, kurangi risiko bencana!” tutur Dikdik.

Editor : Okky Adiana

Follow Berita iNews Cimahi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut