get app
inews
Aa Read Next : Rasyid Rajasa Dorong UMKM Cimahi Naik Level

Pj Wali Kota Cimahi Pastikan Cakupan Sub-PIN Polio Sesuai dengan Target

Selasa, 23 Mei 2023 | 14:09 WIB
header img
Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan datang langsung untuk meninjau kegiatan Sub-PIN Polio di Aula Kelurahan Padasuka. (Foto: Istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Dinas Kesehatan Kota Cimahi kembali menggelar kegiatan Sub-PIN Virus Polio putaran 2 Kota Cimahi Tahun 2023. Pelaksanaan kegiatan Sub-PIN Polio di Kota Cimahi dilakukan serentak di seluruh Kelurahan di Kota Cimahi, Selasa (23/5/2023).

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan datang langsung untuk meninjau kegiatan Sub-PIN Polio di Aula Kelurahan Padasuka. Ia memastikan cakupan Sub-PIN Polio sesuai dengan target dan rencana dari Dinkes Kota Cimahi.

Dikdik menyatakan pihaknya berkomitmen untuk memutus rantai penularan virus polio.

“Seluruh balita di Kota Cimahi harus diimunisasi pada Sub-PIN polio sebanyak 2 putaran, tanpa melihat status imunisasi sebelumnya,” tegas Dikdik, dalam siaran persnya.

Kegiatan Sub-PIN Virus Polio Putaran 2 ini dilakukan untuk memastikan cakupan imunisasi vaksin polio guna menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) polio yang terjadi di Purwakarta pada 14 Maret 2023 silam. Adapun sasaran Sub-PIN Polio putaran 2 merupakan gabungan antara sasaran putaran 1 dan sasaran baru yang ditemukan di lapangan (baik tamu/pendatang/bayi baru lahir), tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Target cakupan putaran 2 ini sekurang-kurangnya adalah 95%.

Vaksinasi ini dilaksanakan dengan memberikan imunisasi Novel Oral Polio Vaccine type 2 (NOPV2) kepada seluruh sasaran anak usia 0-59 bulan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 22 - 28 Mei 2023 dan dilanjutan dengan sweeping 29 - 2 Juni 2023.

“Jika berdasarkan kajian epidemiologi masih ditemukan risiko penularan maka dapat dilakukan Sub PIN putaran berikutnya atau Mop-up,” tutur Dikdik.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut