get app
inews
Aa Read Next : Pegadaian Kanwil Jabar Raih Penghargaan Narasumber Perusahaan Terbaik dalam Ajang IWEB Award 2024

UPI Raih 3 Medali Emas Disumbangkan untuk Jabar Diajang Peksiminas 2024 Ke XVII

Kamis, 12 September 2024 | 11:37 WIB
header img
UPI Keren: 3 Medali Emas Disumbangkan untuk Jabar Diajang Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional 2024 Ke XVII. (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (Peksiminas) XVII tahun 2024 yang dimotori oleh Puspresnas dan BPTI Kemenristekdikti diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bertempat di Kampus A dan B pada tanggal 2-7 September 2024. 

 

Terdapat 15 Tangkai Lomba dan diikuti oleh peserta berjumlah 220 orang sebagai perwakilan dari seluruhuniversitas di Indonesia yang mewakili provinsinya masing-masing. 

 

Koordinasi setiap provinsi di Indonesia dilakukanoleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) di setiap provinsi yang bertanggung jawab menyiapkan Tim Peksiminas melalui seleksi di Tingkat daerah melalui Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida). 

 

Melalui seleksi tersebut, tersaring perwakilan terbaik dari setiap universitas daridaerahnya masing-masing. Dari Hasil Peksimida di JawaBarat, tersaring 15 mahasiswa perwakilan dari UPI, IPB, UNPAD, UNSIL, Universitas Telkom, Universitas Pakuan,Universitas Kuningan, ISBI Bandung dan Universitas Singaperbangsa Karawang. Perwakilan mahasiswa dari UPI mewakili peserta tangkai lomba: vocal grup, fotografijurnalistik, fotografi seni, komik strip, menyanyi dangdut putra-putri, menyanyi keroncong putra-putri, menyanyi pop putra-putri dan Tari kreasi. 

 

Untuk tangkai lomba menyanyi seriosa putra diwakili oleh UNPAD, Universitas Telkommewakili tangkai lomba menyanyi seriosa putri, pop putra dan desain poster, UNSIL mewakili tangkai lomba monolog, IPB mewakili tangkai lomba menulis puisi, UNIKU mewakilitangkai lomba baca puisi putri, ISBI Bandung mewakilitangkai lomba baca puisi putra dan lukis. Universitas Singaperbangsa Karawang mewakili tangkai lomba penulisancerpen dan Universitas Pakuan mewakili tangkai lombamenulis lakon. 

 

Pada tahun 2024, BPSMI Jawa barat masih dipimpin oleh Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A. sekaligus sebagai Wakil RektorBidang Pendidikan dan kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia. “Keberhasilan Tim Peksiminas denganmemperoleh 4 (empat) medali emas, 1 (satu) perak, dan 1 (satu) perunggu merupakan sebuah capaian baru dan mencetak sejarah pertama dalam keikutsertaan dalamPeksiminas. 

 

"Tahun ini Tim Jawa Barat berhasil mendudukiurutan kedua. Sekali lagi, prestasi ini sangat membanggakan, dan perolehan ini mesti ditingkatkan di masa yang akandatang agar dapat mencapai Juara Umum”, begitu ungkap Prof Didi.

 

Keberhasilan Tim BPSMI Jawa Barat dalam ajang ini tidak dapat dipisahkan dari persiapan pendampingan yang dilakukan oleh pembimbing masing-masing tangkai lomba di setiap universitas. Seperti diungkapkan oleh Ketua Harian BPSMI Jawa Barat Prof. Dr. phil. Yudi Sukmayadi, M.Pd.sekaligus sebagai Dekan Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD) Universitas Pendidikan Indonesia, 

 

Proses pendampingan selama pra-event yang dilakukan oleh pembimbing pada setiap tangkai lomba merupakan sebuahperistiwa yang sangat melelahkan. Setelah penyelenggaraan Peksimida seterusnya dilakukan pendampingan kepadapeserta hampir 2 (dua) minggu penuh, kemudiandiselenggarakan gladi resik untuk melihat optimalisasi hasil. 

 

"Saya memahami proses ini menguras tenaga dan pikiran para pendamping dan peserta lomba. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi upaya dan usaha keras dari pendamping dan peserta hingga memperoleh hasil yang sangat baik, melebihitahun tahun sebelumnya.  Provinsi Jawa Barat pada Peksiminas tahun 2024 ini berhasil menyumbangkan 4 (empat) medali emas, 1 (satu) perak, 1 (satu) perunggu. Pencapaian ini sangat berbeda tipis di bawah pencapaianProvinsi Jawa Tengah sebagai Juara Umum dengan perolehan4 (empat) emas, 2 (dua) perak, dan 2 (dua) perunggu. Hal ini menjadi motivasi bagi Jawa Barat untuk menargetkan di tahun mendatang dapat menjadi juara umum. Perlu adanya sinergi antara universitas dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk mendukung kegiatan ini. Kami telah melakukan pembicaraan dengan pihak Pemda dan Insha Allah untukkegiatan Peksiminas di tahun mendatang akan menjadiProgram Prioritas Disbudpar dan Dispora Provinsi 

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut