get app
inews
Aa Read Next : Tim Pengabdian Prodi Pendidikan IPS FPIPS UPI Hadirkan Candi Borobudur ke dalam Kelas

Mega Baksos Fakultas Kedokteran Unjani 2024

Selasa, 03 September 2024 | 20:29 WIB
header img
FK UNJANI mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu di Kabupaten Serang Provinsi Banten dengan tajuk “MEGA BAKSOS FK UNJANI MENGABDI”. (Foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi (FK UNJANI) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu di Kabupaten Serang Provinsi Banten dengan tajuk “MEGA BAKSOS FK UNJANI MENGABDI”. 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh Program Studi yang berada di bawah naungan FK Unjani dikomandoi ketua pelaksana sekaligus Ketua Pusat Riset dan Publikasi FK UNJANI, dr. Siska Telly Pratiwi, M.Kes. 

Kegiatan ini melibatkan berbagai komponen Civitas Akademika FK UNJANI meliputi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dokter muda, serta Ikatan Alumni (IKA FK UNJANI) dengan tetap berkoordinasi dengan Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Jenderal Achmad Yani (LPPM UNJANI).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat FK Unjani ini dimulai dengan sambutan oleh Dekan FK UNJANI, Dr. Wendra, dr., M.Kes, FIHFAA yang kemudian dibuka secara resmi olehWakil Rektor III UNJANI, dr. Dewi Ratih Handayani., M.Kes. Dalam kegiatan ini juga telah dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara FK UNJANI dengan Nurul Fikri Boarding School Serang, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Serang, dan Desa Cikolelet.

Siska mengatakan, kegiatan Mega Baksos FK Unjani ini dilaksanakan oleh seluruh departemen dari 4 prodi yang berada di FK Unjani. Mega Baksos dilaksanakan secara paralel di 3 tempat yang berbeda, yaitu Sekolah Nurul Fikri Boarding School Serang, Desa Cikolelet dan Aula Tb Suwandi, Setda Kabupaten  Serang. Di Nurul Fikri Boarding School Serang, dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, pemeriksaan mata, pemeriksaan papsmear, pembersihan serumen telinga, pemeriksaan USG pada ibu hamil dan resiko terjadinya Infeksi Saluran Kemih pada ibu hamil yang dapat memicu kontraksi dini, kelahiran prematur, atau masalah lain yang memengaruhi kesehatan rahim dan janin. 

Selain itu, terdapat kegiatan khitanan massal, penyuluhan kesehatan kepada siswa SMP-SMA, pemeriksaan kulit, pemeriksaan Gula Darah, Pemeriksaan jantung/EKG, pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan donor darah dengan melibatkan berbagai kompenen dari Fakultas Kedokteran UNJANI yakni Departemen Bedah, Mata, Farmakologi, Patologi klinik, Patologi Anatomi, THT, Mikrobiologi, Parasitologi, Kulit dan kelamin, Anatomi, Biokimia, Ilmu Penyakit Dalam, Obstetri dan Ginekologi, IKA FK Unjani, Program Studi Magister Penuan Kulit dan Aestetik Medik (MPKE) FK Unjani serta PMI Kabupaten Serang

"Di Desa Cikolelet juga dilakukan berbagai kegiatan pengabdiankepada masyarakat yang terdiri dari penyuluhan kepada siswa SD, Karang Taruna, kader kesehatan juga bidan desa setempat serta masyarakat umum," ujarnya.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut