get app
inews
Aa Read Next : UM Bandung Siapkan Generasi Masa Depan yang Kuasai Teknologi

Menuju Pemilu 2024, Forum Guru Besar ITB Beri Sumbangsih Pikiran Terkait Tantangan Indonesia Emas

Jum'at, 26 Januari 2024 | 08:54 WIB
header img
Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung (FGB ITB) menyelenggarakan "Webinar Kontribusi ITB untuk Bangsa" (foto: istimewa)

Rendahnya angka lulusan perguruan tinggi disebabkan tidak meratanya persebaran perguruan tinggi di Indonesia. Beliau menyebutkan bahwa jumlah perguruan tinggi Indonesia sekitar 3.000-4.000 yang dominan berada di Pulau Jawa. Perguruan Tinggi yang terakreditasi A/Unggul hanya berkisar 3,39%. Langkah yang harus dilakukan demi meningkatkan kualitas SDM Indonesia yakni melalui pendirian institut teknologi baru termasuk pendidikan vokasi dan/atau penguatan perguruan tinggi yang lebih merata. Selain itu, perguruan tinggi dapat diberi amanah untuk mendidikan calon guru dan dosen sehingga di masa mendatang pekerjaan guru dan dosen menjadi pekerjaan favorit dan jumlah lulusan perguruan tinggi dapat meningkat.

 

Prof. Akhmaloka juga menyampaikan bahwa produktivitas saintis Indonesia jauh tertinggal khususnya dari negara tetangga. Menuju Indonesia maju penting halnya SDM menguasi ilmu dan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Prof. Akhmaloka menyarankan untuk menguatkan program studi riset STEAM di institusi teknologi, sekolah vokasi, dan/atau perguruan tinggi sehingga riset-riset anak bangsa dapat dikenal dan bukan menjadi hal yang mustahil Indonesia menjadi negara maju di masa mendatang.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut