get app
inews
Aa Read Next : UM Bandung Siapkan Generasi Masa Depan yang Kuasai Teknologi

Menuju Pemilu 2024, Forum Guru Besar ITB Beri Sumbangsih Pikiran Terkait Tantangan Indonesia Emas

Jum'at, 26 Januari 2024 | 08:54 WIB
header img
Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung (FGB ITB) menyelenggarakan "Webinar Kontribusi ITB untuk Bangsa" (foto: istimewa)

Sebagai perguruan tinggi sains dan teknologi terkemuka di Indonesia, ITB siap berkontribusi dalam pengembangan teknologi digital dan AI dalam mengakselerasi transformasi digital menuju Indonesia Emas 2045. Beberapa riset yang telah dilakukan mencakup microelectronics, embedded system, pengembangan handphone dan laptop dengan TKDN tinggi, radar dan komunikasi data, alat-alat biomedika, virtual reality, augmented reality, metaverse, robotika dan kendaraan otonom, AI computer vision, natural language processing dan speech processing yang mendasarkan pada AI, big data analytics, smart city, berbagai aplikasi perangkat lunak, smart grid, smart farming, dan berbagai aplikasi teknologi digital pada beragam bidang.

 

Teknologi yang akan dikembangkan di Indonesia tentu tidak lepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan Tinggi memegang peranan penting dalam membentuk SDM Indonesia yang unggul dan berdaya saing. Namun, pada kenyataannya, pendidikan yang menjadi tulang punggung untuk menghasilkan SDM tangguh di Indonesia masih jauh dari cukup dalam segi kualitas. Prof. Akhmaloka menyampaikan hanya 13% dari angkatan kerja Indonesia saat ini telah mengenyam pendidikan tinggi.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut