get app
inews
Aa Read Next : Sambangi Rumah Bima Arya, Ono Surono Disuguhi Kopi Liong

Pasar Menjanjikan, Ritel Alat Bangunan Perluas Jaringan di Jawa Barat

Sabtu, 02 Desember 2023 | 11:22 WIB
header img
Mitra 10 membuka toko ritel baru di Kota Tasikmalaya. Toko tersebut memiliki luas area 1 hektare. (Foto istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - PT Catur Mitra Sejati Santosa Adiprana (CMSS), entitas anak dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) terus memperkuat jaringan bisnis, dengan menyasar Jawa Barat. Perluasan jaringan ini tak lepas dari sektor properti yang diperkirakan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan.


Corporate Secretary CSAP Idrus H. Widjajakusuma mengatakan, CSAP secara agresif akan melakukan ekspansi jejaring ritel modern bahan bangunan dan perlengkapan rumah melalui Mitra10.

“Kami telah menetapkan target ekspansi jangka menengah yakni memiliki 100 toko Mitra10 di tahun 2030 di seluruh Indonesia. CSAP selaku pemilik 99,9% saham dari PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS), strategi agresif di ritel modern ini selain memperkuat pangsa pasar juga terbukti dapat meningkatkan kinerja, khususnya sebagai motor pertumbuhan,” kata dia.

Menurut Idrus, Mitra10 tumbuh 9,3x lipat sejak tahun 2009. Saat ini menawarkan lebih dari 58.000 SKU, menjadikan Mitra10 sebagai jaringan ritel modern terbesar untuk bahan bangunan dan perlengkapan rumah di Indonesia.


CSAP kini memiliki 48 area Distribusi Bahan Bangunan yang terdiri dari 41 cabang dan 7 depo di berbagai kota di Indonesia. Kemudian 5 Cabang Distribusi Kimia, 57 Area Distribusi FMCG, 48 toko “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan dan Home Improvement dan 21 toko “Atria” Ritel Moderen Home Furnishing dan Mattress.

Baru baru ini, Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan perlengkapan rumah di Jawa Barat dengan membuka superstore Mitra10 di Tasikmalaya. Supermarket modern bahan bangunan dan perlengkapan rumah ini menempati luas lahan seluas hampir 1 hektar yang berlokasi di pusat kota Tasikmalaya, tepatnya di Bundaran Mangkubumi.


Mitra10 yang dioperasikan oleh PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS), entitas anak dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (BEI: “CSAP”) tersebut kini sudah memiliki 48 cabang yang tersebar di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali & NTB, Sumatera, Riau, Kalimantan dan Sulawesi.

“Setelah membuka Mitra10 Serang pada awal November lalu, kini kami resmi membuka Mitra10 di kota Tasikmalaya. Ini merupakan toko Mitra10 ke-48 atau superstore baru ketiga yang kami resmikan pada tahun 2023 ini sehingga para pelanggan bisa semakin mudah menjangkau kebutuhan renovasi bahan bangunan,” ungkap Andy Totong, Presiden Direktur Mitra10.


Sementara itu, total Pendapatan secara konsol selama 9M-2023 CSAP mencapai Rp12,1 triliun atau tumbuh 6% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan Total Penghasilan Komprehensif Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp149,5 miliar, mengalami sedikit koreksi dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebesar Rp167,3 miliar.

Mitra10 dan Atria merupakan segmen ritel modern yang dimiliki oleh CSAP. Pada periode 9M-2023 berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp4,6 triliun, tumbuh 6,7% apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.


Angka tersebut setara kontribusi sebesar 38% terhadap total pendapatan konsolidasi perseroan. Selain segmen ritel modern, CSAP juga memiliki segmen distribusi yang membukukan pendapatan sebesar Rp7,5 triliun, tumbuh 5,5%, setara kontribusi 62% atas total pendapatan secara konsolidasi yakni Rp12,1 triliun di sembilan bulan 2023.

Pencapaian tersebut setara pertumbuhan yoy 6% jika dibandingkan pendapatan periode yang sama tahun lalu. Segmen distribusi merupakan kontributor terbesar pendapatan yang disumbang dari distribusi bahan bangunan, consumer goods (FMCG), dan kimia, sedangkan segmen ritel modern merupakan sumber pertumbuhan yang disumbang dari ritel modern bahan bangunan Mitra10 dan Atria furniture, baik dalam hal penjualan maupun kinerja marjin.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut