get app
inews
Aa Read Next : Sambangi Rumah Bima Arya, Ono Surono Disuguhi Kopi Liong

Relawan Gapura Nusantara Hadirkan Juru Kampanye Mandiri Seluruh Indonesia

Sabtu, 09 September 2023 | 18:00 WIB
header img
RGN menyelenggarakan pelatihan bagi organisasi relawan di wilayah Jabar. (Foto: Okky/iNewsCimahi)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Relawan Gapura Nusantara menyelenggarakan pelatihan bagi organisasi relawan di wilayah Jawa Barat. Hal ini untuk memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024-2029.

Wakil Ketua Umum RGN Rudi S Kamri menyebut dalam kegiatan bertajuk Training for The Trainers terdapat 13 organisasi relawan yang ikut serta.

“Kami adakan pendidikan dan pelatihan selama dua hari di Bandung ini untuk melatih para pelatih yang berasal dari organisasi relawan seluruh Jabar yang mendukung Ganjar,” ujarnya, di Hotel Grand Asrilia, Kota Bandung, Sabtu (9/9/2023).

Rudi mengemukakan, tujuan dari diadakan pelatihan ini adalah membentuk juru kampanye mandiri untuk kemenangan Ganjar Pranowo. Apalagi, masa kampanye di Pemilihan Umum 2024 terbilang pendek, sehingga tak memungkinkan dapat menghadirkan mantan Gubernur Jawa Tengah di setiap kegiatan.

“Jadi, kami harus mendidik orang-orang yang bisa menginformasikan ke masyarakat mengapa harus memilih Ganjar Pranowo. Dengan cara yang positif pastinya,” ucapnya.


Dirinya mengungkap, ada beberapa lokasi yang sangat strategis sebagai kantong suara, seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Setelah ini, diungkap Rudi, RGN akan mengadakan pelatihan serupa di wilayah Jawa Timur.

“Kami juga berterima kasih atas dukungan tokoh Jawa Barat sekaligus Dewan Pakar Strategi RGN, TB Hasanuddin, yang telah banyak membantu dan menginisiasi relawan di Jabar,” imbuhnya.

Selain pelatihan, diungkap Rudi, pihaknya akan mengadakan focus group discussion yang memberikan materi terkait Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, etika, dan hukum agar para relawan dapat berkampanye dengan cara baik bukan justru menyebarkan konten tak berdasarkan fakta, melainkan mengungkap kelebihan calon yang didukung.

“Kami juga berikan pelatihan salah satu materinya tentang wawasan kebangsaan, dan memberikan mereka alasan memilih Ganjar secara objektif. Kami tak ingin para relawan masuk dalam kampanye hitam, tapi jika kampanye negatif wajar asalkan tak dengan fitnah dan hoax. Pelatihan ini juga mengajarkan juru kampanye untuk bisa berkomunikasi secara efektif di ruang publik, serta mengajarkan mereka membangun strategi pengembangan jaringan mendukung Ganjar berbasis data,” pungkasnya.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut