get app
inews
Aa Read Next : Bupati Purwakarta Ingin Segera Menjanda, Ini Alasan Gugat Cerai Dedi Mulyadi

Ditinggal Jadi TKW, Ribuan Suami di Indramayu Ceraikan Istrinya

Senin, 23 Januari 2023 | 16:58 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Di sisi lain, kata Dindin, suami yang ditinggal di kampung halaman membutuhkan istrinya.  Selain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, juga kebutuhan biologis.

"Sedangkan karena ke luar negeri suami ini ditinggal dalan jangka waktu lama selama bertahun-tahun, sehingga memutuskan untuk meninggalkan (cerai)," tutur Dindin.

Dindin menilai, salah satu faktor penyebab terjadinya hal tersebut karena tingkat ekonomi Kabupaten Indramayu yang rendah. Maka banyak istri yang terpaksa memilih jalan pintas dengan bekerja ke luar negeri karena iming-iming penghasilan yang jauh lebih besar.

Selain itu faktor lain yang menyebabkan suami mengajukan cerai karena pendapatan atau ekonomi yang rendah membuat istri selalu mengeluh sehingga membuat suami mengajukan perceraian.

Kondisi tersebut, diakui Didin cukup ironis. Pasalnya, Kabupaten Indramayu merupakan daerah lumbung padi nasional bahkan daerah produksi padi terbesar di Indonesia. Namun, tingkat ekonomi di Indramayu masih rendah dan berpengaruh pada keutuhan rumah tangga.

Didin berharap, kondisi tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi dari semua pihak agar angka perceraian yang tinggi di Indramayu tersebut bisa ditekan. "Memang secara umum untuk di Indramayu didominasi oleh faktor ekonomi," paparnya.
 

Editor : Andi Hadiana

Follow Berita iNews Cimahi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut