get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Cimahi Sosialisasikan Pelaksanaan Pilgub/Wapilgub Jabar dan Walkot/Wawali

BPBD Kota Cimahi Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana dan SOP Kedaruratan dan Keselamatan Gedung

Kamis, 22 Desember 2022 | 16:54 WIB
header img
BPBD Kota Cimahi menggelar acara Sosialisasi Mitigasi bencana dan Standar Operasional Prosedur (SOP) kedaruratan dan keselamatan gedung. (Foto: Istimewa)


Selain tanggap bencana dalam kegiatan ini juga memberikan edukasi bagaimana menghindari dan penanganan gempa yang tepat. Gempa bumi salah satu ancaman yang dapat memakan korban jiwa. Untuk itu kegiatan sosialisasi seperti ini perlu dilaksanakan sebagai upaya mencegah dan mengurangi dampak dari bencana.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi Fithriandy Kurniawan dalam laporannya menyampaikan bahwa setiap gedung kantor pemerintahan harus memiliki program manajemen pencegahan dan penanggulangan bencana yang tertuang dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) Kedaruratan dan Keselamatan Gedung

“Saat kantor terkena bencana, seluruh pegawai sudah tahu apa yang mesti dilakukan. Semua harus sudah dipikirkan dan diantisipasi segala sesuatunya sebelum terjadi bencana dalam rangka meminimalisir kerugian akibat bencana” tutur Andi.

Diharapkan dengan cara mengetahui dan memahami SOP Kedaruratan dan Keselamatan Gedung seperti jalur evakuasi, tangga darurat, sistem alarm tanda bahaya dan titik kumpul, pegawai dapat secara aktif melakukan tindakan preventif (pencegahan), melakukan tindakan darurat serta evakuasi jika terjadi keadaan darurat akibat bencana, jelasnya.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut