Pemkot Cimahi Persiapkan Generasi Penerus yang Sehat Pembinaan Calon Pengantin One Stop Service

Okky Adiana
Pemerintah Daerah Kota Cimahi terus berupaya untuk melakukan percepatan penurunantingkat prevalensi stunting di Kota Cimahi. (foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Pemerintah Daerah Kota Cimahi terus berupaya untuk melakukan percepatan penurunantingkat prevalensi stunting di Kota Cimahi. Salah satu upaya untuk menekan angka prevalensi stunting adalah dengan melakukan pembinaan pada calon pengantin (Catin), hal inisangat penting sebagai upaya preventif mencegah kelahiran bayi stunting. 

 

Oleh karenanya melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukden Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Pemkot Cimahi menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Calon Pengantin One Stop Service(PCOSS) Kota Cimahi Tahun 2024, Senin(30/9/2024).

 

Kegiatan yang diselenggarakan di Alam Wisata Cimahi (AWC) Jl. Kolonel Masturi Cimahi ini merupakan kolaborasimulti stakeholders antara DP3AP2KB Kota Cimahi, DinasKesehatan Kota Cimahi, BKKBN Perwakilan Provinsi JawaBarat, Kemenag Cimahi, Tim Pendamping Keluarga Kota Cimahi serta Forum Genre Kota Cimahi. Dalam kegiatan inisebanyak 150 orang calon pengantin selain memperolehpembinaan pra nikah, calon pengantin juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan, pemberian vaksin TT, penginputanaplikasi Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) serentak, serta pemberian sertifikat Elsimil, yang kesemuanyadilakukan dalam satu hari.

 

Penjabat Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan amanat Presiden RI Joko Widodo yakni upaya penurunan prevalensi stunting harusdimaksimalkan di hulu, yakni pada remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan anak berusia 0-59 bulan.

 

“Apa yang kita lakukan ini tiada lain adalah untukmempersiapkan calon pengantin, tidak hanya dari sisipemahaman mereka tentang pernikahan, tetapi juga dari sisiaspek kesehatan. Sehingga nantinya mereka benar-benar siapmenjadi pengantin yang kemudian dapat merencanakan keluarga dan dapat mempersiapkan untuk menghasilkanketurunan yang sehat untuk menjadi Generasi Emas 2045,”ungkap Dicky.

 

Dicky juga berharap dengan adanya inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Pemkot Cimahi dapat mempercepat penurunanstunting, “Adanya inovasi Kelambi Catin yang sudahdiluncurkan oleh DP3AP2KB Kota Cimahi semoga dapatmempermudah para calon pengantin untuk mendapatkanpemahaman serta pengetahuan pra nikah sehingga calonpengantin dapat semakin paham, semakin sehat dan menjadikeluarga yang bahagia dengan keturunan yang baik,” harapnya.

Editor : Okky Adiana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network