Disdukcapil Cimahi Luncuran Maskot Si Pencil, Begini Kata Ngatiyana

Okky Adiana
Disdukcapil Kota Cimahi resmi meluncurkan maskot baru bernama Si PenCil (Siap Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil) (foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi resmi meluncurkan maskot baru bernama Si PenCil (Siap Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil) dalam acara Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Pendaftaran Penduduk bertempat di Gedung Cimahi Techno Park, pada Senin (26/52025).

Peluncuran maskot ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Cimahi Ngatiyana, sebagai bagian dari kegiatan Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Pendaftaran Penduduk Tahun 2025. 

Ngatiyana menegaskan bahwa kehadiran maskot Si PenCilmencerminkan komitmen Disdukcapil Kota Cimahi dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, ramah, dan inklusif.

“Maskot ini hadir sebagai representasi semangat Disdukcapil dalammemberikan pelayanan administrasi kependudukan yang mudahdiakses oleh seluruh lapisan masyarakat, serta membangun citra pelayanan publik yang lebih komunikatif dan bersahabat," ujar Ngatiyan.

Maskot Si PenCil dirancang sebagai ikon yang menggambarkantransformasi pelayanan kependudukan di Kota Cimahi yang lebihhumanis dan digital-friendly, serta menjadi media edukatif untukmenyosialisasikan pentingnya administrasi kependudukan, termasukprogram Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Ngatiyana juga memperkenalkan maskot Si Pencil sebagai wajahbaru pelayanan Disdukcapil yang ramah, cepat, dan empatik. Maskot ini menjadi bagian dari strategi pelayanan publik Kota Cimahi yang lebih komunikatif dan adaptif terhadap era digital.

Melalui kehadiran Si PenCil, Pemkot Cimahi berharap bisamembangun komunikasi yang lebih aktif dengan masyarakat, sertamendorong partisipasi aktif dari seluruh elemen kewilayahan—termasuk camat, lurah, dan RW—dalam menyosialisasikan layanankependudukan digital secara lebih luas.

“Keterlibatan aktif seluruh lapisan adalah kunci sukses membangunpelayanan publik yang merata dan berkeadilan,” tegasnya.

Dengan diluncurkannya Si Pencil, diharapkan dapat menjadi media edukasi yang komunikatif, khususnya bagi generasi muda, sertamemperkuat smart branding Kota Cimahi menuju pelayanan publikyang modern, inklusif, dan adaptif. 

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi Dani Bastian menjelaskan tujuan dari kegiatan sosialisasi peningkatan pelayanan pendaftaran penduduk ini adalah 1) memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya administrasi kependudukan sebagai hak dasar warga negara; 2) menyampaikan informasi terkait prosedur, persyaratan, dan inovasi layanan kependudukan, baik secara langsung maupun daring; 3) meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pelaporan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting secara tepat waktu; 4) mendorong percepatan target nasional tertib administrasi kependudukan. 

Editor : Okky Adiana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network