get app
inews
Aa Read Next : Lazismu Jawa Barat Berbagi Ilmu dan Beasiswa Pendidikan di UM Bandung

Muhammadiyah Jawa Barat Respon Cepat Bantu Korban Gempa di Kabupaten Bandung dan Garut

Rabu, 25 September 2024 | 16:07 WIB
header img
Muhammadiyah Jabar, melaui MDMC dan Lazismu Jawa Barat, telah bergerak cepat menanggapi bencana gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Bandung dan Garut pada 18  September 2024. (Foto: istimewa)

Sementara itu, Apit Hidayat, koordinator TDRR MDMC Jawa Barat, menyampaikan sebagai bagian dari respon tanggap darurat, MDMC dan Lazismu Jawa Barat telah mendirikan beberapa posko bantuan. “Di posko-posko ini, tim relawan Muhammadiyah yang terdiri dari personel logistik, medis, serta tim pendampingan psikososial terus memberikan pelayanan kepada warga yang membutuhkan,” pungkas Apit.

 

Hingga saat ini, layanan kesehatan telah diberikan kepada 160 jiwa, dan 491 orang sudah mendapatkan hunian sementara berupa tenda darurat. “Selain itu, distribusi logistik juga sudah menjangkau lebih dari 400 jiwa di daerah terdampak,” tambahnya.

 

Sani Sonjaya selaku Manajer Program Lazismu Jawa Barat menambahkan bahwa kebutuhan mendesak saat ini adalah hunian darurat mengingat musim hujan mulai datang di wilayah terdampak bencana. Bantuan lain mencakup bahan pangan, selimut, tenda, matras, perlengkapan kebersihan, serta air bersih. “Kami sangat berharap uluran tangan dari masyarakat untuk mendukung operasional bantuan ini. Bantuan berupa paket sembako, air bersih, alat kebersihan, serta donasi finansial sangat diperlukan untuk mempercepat pemulihan kondisi warga,” jelasnya.

 

Bagi masyarakat yang ingin memberikan dukungan, silakan untuk berdonasi melalui link berikut ini: https://www.lazismujawabarat.org/campaign/peduli-gempa-kab-bandung?ref=owvnv.

 

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak bencana ini. Saat ini, yang paling penting adalah solidaritas dan aksi nyata untuk membantu mereka yang kehilangan tempat tinggal dan menghadapi kesulitan hidup akibat gempa ini,” tutup Manajer Program Lazismu Jawa Barat.

 

Bantuan dana ini akan digunakan untuk menyediakan kebutuhan dasar bagi para korban yang saat ini masih berada di tenda-tenda darurat. Masyarakat juga dapat menghubungi posko Muhammadiyah di Bandung untuk informasi lebih lanjut mengenai pengiriman bantuan.

 

Bagi masyarakat yang akan berpartisipasi membantu saudara kita di lokasi bencana bisa berdonasi melalui rekening BCA Syariah 358-131415 – Mandiri 13000-1614-5925 – BRI 00050-1002451-300 – BJB 01219-2469-2001 – BJB Sy. 008-010-253-7567 (A.n Lazismu Jawa Barat).

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut