get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Cimahi Sebar Beras Murah Setiap Bulan

Pemkot Cimahi Gelar Intervensi dan Monev RW Siaga Aktif dalam Implementasi Germas

Jum'at, 06 September 2024 | 16:24 WIB
header img
Pemkot Cimahi berkomitmen dalam meningkatkan pembangunan di segala bidang dilandaskan pada pembangunan kota berwawasan kesehatan yang dilaksanakan secara bersama–sama oleh pemerintah, swasta dan masyarakat secara integratif dan sinergis. (Foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id -  Pemerintah Daerah Kota (Pemkot Cimahi) berkomitmen dalam meningkatkan pembangunan di segala bidang dilandaskan pada pembangunan kota berwawasan kesehatan yang dilaksanakan secara bersama–sama oleh pemerintah, swasta dan masyarakat secara integratif dan sinergis, untuk mewujudkan Kota Cimahi yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warga Kota Cimahi. 

 

Komitmen tersebut diwujudkan salah satunya dengan menggerakkan unsur pentahelix , diantaranya pemerintah, swasta, masyarakat, pelaku usaha (CSR) dan media. Dengan melibatkan masyarakat dalam hal ini RW Siaga diharapkan dapat menjadi stimulasi dalam upaya Germas dan peningkatan kota sehat di Kota Cimahi.

 

Sebagai upaya untung mendorong peran aktif masyarakat, Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Kesehatan Kota Cimahi menggelar intervensi dan monev RW Siaga Aktif dalam implementasi Germas dan upaya Kota Sehat bertempat di Aula Gedung A Kantor Pemkot Cimahi, Jumat (6/9/2024). 

RW Siaga adalah suatu tatanan masyarakat yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawat-daruratan kesehatan secara mandiri, yang merupakan salah satu unsur penting dalam pentahelix . 

 

Rw Siaga Aktif merupakan salah satu motor pengerak dalam dinamika kegiatan menuju kota sehat terutama dalam tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri.

 

Pj Sekretaris Daerah Kota Cimahi Budi Raharja menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengkolaborasikan semua unsur pentahelix untuk mewujudkan Kota Cimahi sebagai Kota Sehat.

 

“Kegiatan hari ini adalah Sosialisasi RW Siaga Aktif terkait Kota Sehat. Kota Sehat ini adalah sesuai dengan surat keputusan bersama Mendagri dan Menteri Kesehatan sejak tahun 2005 bahwa untuk mendukung IPM dimensi kesehatan itu salah satu bentuknya adalah terbentuknya Kabupaten / Kota Sehat, Kabupaten atau Kota Sehat ini memang kata kuncinya itu adanya kolaborasi yang dukungan dari semua stakeholder baik itu pemerintah, swasta dan juga masyarakat seperti sekarang dikenal dengan pentahelix termasuk media dan pelaku usaha,” ungkapnya.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut