get app
inews
Aa Read Next : Peringatan Harganas, Pemkot Cimahi Perkuat Peran Keluarga dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045

Dinkes Cimahi Kampanyekan Gerakan Nasional Aksibergizi Upaya Atasi Anemia pada Remaja

Selasa, 03 September 2024 | 15:22 WIB
header img
Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menyatakan pada kegiatan Aksi Bergizi Tingkat Kota Cimahi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Cimahi pada Selasa (3/9/2024) (foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menyatakan pada kegiatan Aksi Bergizi Tingkat Kota Cimahi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Cimahi menyampaikan bahwa kegiatan Aksi Bergizi merupakan salah satu upaya dalam menyiapkan Generasi Emas 2045, Selasa (3/9/2024). 

 

“Kita melaksanakan Aksi Bergizi di SMAN 3 Cimahi tapi ini disaksikan juga oleh siswa SMA dan SMP se-Kota Cimahi,apa yang kita lakukan ini adalah satu momentum untuk bisa memberikan edukasi sekaligus sosialisasi betapa pentingnya makanan bergizi dalam menyiapkan generasi Emas untuk Cimahi Campernik 2045,” ungkapnya.

 

Menurutnya penting bagi para remaja untuk memperhatikan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsinya karena masih berada dalam masa pertumbuhan agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal, Para remaja harus peduli terhadap pola makanannya selain pola hidupnya. 

 

Ada delapan unsur minimal yang harus diperhatikan seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat, mineral air serta kalsium, itu adalah unsur-unsur yang berguna di dalam membentuk tubuh mereka baik untuk fisik mereka ya maupun juga untuk perkembangan otak,” lanjut Dicky.

 

Lebih lanjut, Dicky menyampaikan pemenuhan gizi pada remaja ini akan menjadi salah satu upaya untuk menurunkan tingkat prevalensi stunting, dengan rutin meminum Tablet Tambah Darah untuk mencegah anemia akan menyiapkan organ reproduksi yang baik bagi wanita. 

 

“Siswa putri inimereka ini nantinya akan menjadi calon ibu yang dari sekarang mereka harus benar-benar sehat bilamana nanti mereka mengandung dan melahirkan anak," imbuhnya.

 

Mengenai upaya penurunan tingkat prevalensi stunting ini Dicky mengaku pihaknya sudah melakukan edukasi selain pada pihak sekolah, siswa dan siswi sekolah juga pada orang tua dan calon pengantin. Menurutnya upaya untuk mengatasi stunting harus dilakukan bersama-sama bukan hanya pemerintah daerah saja namun semua elemen masyarakat.

 

“Selain terhadap anak yang ada di sekolah kita juga melakukan pembinaan pada orang tua dengan kegiatan-kegiatan yang lain, dengan kata lain semua memang harus berkolaborasi keroyokan ini semua karena bagaimanapun itu tadi generasi emas bukan hanya sekedar digaungkan saja tetapi harus ada langkah-langkah nyata dan di antaranya adalah dengan pola makanan yang harus kita jaga,” tandasnya.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut