get app
inews
Aa Read Next : BIO FARMA Kolaborasi dengan WHO, MPP dan CEPI Tingkatkan Ketersediaan Vaksin

Waspada Wabah Penyakit Cacar Monyet, Dinkes Cimahi Imbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Bersih

Senin, 02 September 2024 | 13:27 WIB
header img
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Mulyati menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada laporan tentang keberadaanvirus Mpox di wilayahnya. (Foto: istimewa)

Lepuhan tersebut nanti akan berisi nanah, dan kemudian mengeras. Setelah membentuk keropeng atau koreng maka akan rontokdengan sendirinya.

Ruam yang terjadi biasanya akan muncul di wajah, telapaktangan, dan telapak kaki. Namun, ruam juga dapat muncul di mulut, mata, hingga alat kelamin.

Gejala-gejala tersebut umumnya akan berlangsung selama dua hingga empat minggu. Jika terinfeksi Mpox, beberapa orang dengan kondisi khusus dapat menyebabkan komplikasi medishingga kematian.

Jika sudah mengalami gejala-gejala tersebut, segera kunjungipuskesmas atau fasilitas layanan kesehatan terdekat . Lalu, laporkan kontak erat agar dapat dilakukan tracing denganmudah untuk pengecekan selanjutnya. Sehingga, tidak terjadipenularan yang meluas di Kota Cimahi. 

 

Dinas Kesehatan Kota Cimahi dalam hal penanganan rujukanuntuk kasus Mpox ini semua rumah sakit juga diminta untukmewaspadai hal tersebut dan berkordinasi dengan RS Hasan Sadikin apabila ditemukan kasus Mpox di Kota Cimahi.

 

Kepala Dinas Kesehatan juga menyarankan kepada seluruhlapisan masyarakat untuk rutin mencuci tangan dengan sabundan air mengalir, serta menggunakan masker di tempat umumsebagai langkah efektif dalam pencegahan. “dalammewaspadai wabah ini saya menghimbau kepada wargamasyarakat untuk dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat” pungkasnya. 

 

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut