get app
inews
Aa Read Next : BIO FARMA Kolaborasi dengan WHO, MPP dan CEPI Tingkatkan Ketersediaan Vaksin

Waspada Wabah Penyakit Cacar Monyet, Dinkes Cimahi Imbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Bersih

Senin, 02 September 2024 | 13:27 WIB
header img
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Mulyati menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada laporan tentang keberadaanvirus Mpox di wilayahnya. (Foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Wabah cacar monyet atau Mpox telah diumumkan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Meskipun situasi inimemprihatinkan, hingga saat ini, virus tersebut belumterdeteksi di Kota Cimahi. 

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Mulyati menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada laporan tentang keberadaanvirus Mpox di wilayahnya. “Meskipun belum ada kasus yang terdeteksi, pihak Dinas Kesehatan Kota Cimahi tetapmengimbau masyarakat untuk waspada” ungkapnya. 

 

Tingginya mobilitas warga yang bepergian ke berbagai daerah, termasuk luar negeri, meningkatkan potensi atau kemungkinanvirus tersebut menyebar ke Cimahi. Meskipun belumditemukan kasus positif di Kota Cimahi, masyarakat perlutahu gejala apa saja yang ditimbulkan jika terpapar Mpox.

 

Jika terpapar Mpox, gejala awal yang timbul adalah demamdisertai sakit kepala hebat serta nyeri otot, sakit punggunghingga lemas. Tak hanya itu, selanjutnya akan adapembengkakan pada kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan. Lalu, akan tumbuh ruam atau yang munculsejak satu hingga tiga hari ketika demam. Ruam tersebut akanberbentuk bintik merah seperti cacar lalu akan berubahmenjadi berlepuh dan terdapat isi cairan bening. 

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut