get app
inews
Aa Read Next : Komitmen ITB86: Gelar Kejuaran Catur Pelajar Nasional Bidak Ganesha ke-4 dan Reksadana

2 Opsi Pengamatan di Observatorium Bosscha Selain Kunjungan Malam

Rabu, 21 Agustus 2024 | 12:45 WIB
header img
Observatorium Bosscha ITB membuka tiga jenis program kunjungan bagi masyarakat, yakni Kunjungan Sekolah, Kunjungan Siang Berpemandu, dan Kunjungan Malam. (Foto: istimewa)

Prof. Dr. Dhani Herdiwijaya, M.Sc., Wakil Kepala Observatorium Bosscha Bidang Kegiatan Eksternal, yang juga Dosen Kelompok Keahlian Astronomi FMIPA ITB, mengatakan, melalui kunjungan siang, selain melakukan pengamatan matahari, peserta dapat melihat fasilitas yang ada di Observatorium Bosscha. Pada kunjungan malam, objek pengamatan lebih bervariasi. Peserta dapat melihat bulan, bintang, hingga sejumlah planet jika berbagai faktor memungkinkan.

 

Observatorium Bosscha sebagai Cagar Budaya dan Fasilitas ke Depannya

 

Adapun bangunan Observatorium Bosscha telah ditetapkan sebagai cagar budaya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor KM.51/OT.007/MKP/2004 dan diperbaharui dengan Surat Keputusan Nomor 184/M/2017.

 

Ke depannya, di kawasan Observatorium Bosscha, ITB akan membangun Teleskop Radio Very Long Baseline Interferometry (VLBI) Global Observing System atau VGOS. Pembangunan tersebut merupakan yang pertama di Indonesia. Dalam pengerjaannya, ITB bekerja sama dengan Shanghai Astronomical Observatory-Chinese Academy of Sciences (SHAO-CAS).

 

Teleskop tersebut akan bekerja di dalam jaringan yang akan bergabung dengan banyak teleskop radio lainnya di dunia. Dengan menggabungkan data dari beberapa teleskop yang tersebar di seluruh dunia, akan tercipta pengukuran yang presisi terkait jarak dari satu titik teleskop dengan teleskop lainnya. Salah satu implementasinya adalah untuk mengukur pergerakan benua. Dengan alat ini, kecepatan pergerakan dalam jangka waktu tertentu hingga perubahan jarak dari benua tersebut dapat diketahui dengan presisi.

 

Program kunjungan merupakan salah satu program unggulan dari Observatorium Bosscha selain Nebula (Newsletter Tiga Bulanan) (https://bosscha.itb.ac.id/id/berita/newsletter/), Kelas Daring Astronomi (https://bosscha.itb.ac.id/id/publik/program-daring/kda/), dan Pengamatan Virtual Langit Malam (https://bosscha.itb.ac.id/id/publik/program-daring/pvlm/). Berbagai info kegiatan dapat Anda ketahui melalui Instagram @bosschaobervatory (https://www.instagram.com/bosschaobservatory/).

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut