get app
inews
Aa Read Next : Komitmen ITB86: Gelar Kejuaran Catur Pelajar Nasional Bidak Ganesha ke-4 dan Reksadana

2 Opsi Pengamatan di Observatorium Bosscha Selain Kunjungan Malam

Rabu, 21 Agustus 2024 | 12:45 WIB
header img
Observatorium Bosscha ITB membuka tiga jenis program kunjungan bagi masyarakat, yakni Kunjungan Sekolah, Kunjungan Siang Berpemandu, dan Kunjungan Malam. (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka tiga jenis program kunjungan bagi masyarakat, yakni Kunjungan Sekolah, Kunjungan Siang Berpemandu, dan Kunjungan Malam. Setiap program kunjungan disesuaikan dengan kebutuhan dan minat pengunjung.

 

Namun, Kunjungan Malam hanya diadakan pada bulan Juni hingga Agustus 2024. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan peluang keberhasilan pengamatan di musim kemarau. Untuk pengamatan di bulan Agustus 2024, pendaftaran dilakukan pada awal bulan dan kini sudah ditutup. Melalui program Kunjungan Malam, peserta dapat mengamati objek langit langsung menggunakan teleskop yang dipandu staf astronom dari Observatorium Bosscha selama cuaca memungkinkan. 

 

Peneliti yang juga Koordinator Kegiatan Publik (Divisi Pendidikan dan Penjangkauan Publik) Observatorium Bosscha, Yatny Yulianty, menjelaskan pertimbangan kunjungan malam untuk umum pada tahun 2024 hanya dibatasi hingga bulan Agustus. Hal ini berdasarkan beberapa pertimbangan. Pertama, program kunjungan malam saat ini masih merupakan tahun pertama program setelah vakum 3 tahun. 

 

"Program kali ini juga disusun dengan format yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Dapat dikatakan tahun ini sebagai program introduksi kembali kunjungan malam kepada masyarakat. Kami menggunakan jadwal-jadwal ini untuk melihat bagaimana keberlangsungan dan keefektifan program baru, melihat animo masyarakat, dan sebagai bahan evaluasi internal untuk pemantapan program di tahun berikutnya," ujarnya, Jumat (16/8/2024).

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut