Sasaran pertama, meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi yang terdiri dari dua indikator yaitu indikator kesiapan kerja lulusan serta indikator mahasiswa berkegiatan /meraih prestasi di luar program studi. Sasaran kedua, meningkatnya kualitas dosen pendidikan tinggi yang tediri dari tiga indikator yaitu indikator dosen berkegiatan diluar kampus, indikator kualifikasi dosen/pengajar, serta indikator penerapan karya dosen. Sasaran ketiga, meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran yang terdiri dari tiga indikator yaitu indikator kemitraan program studi, indikator pembelajaran dalam kelas serta indikator akreditasi internasional.
Merujuk Pedoman IKU yang dipublikasikan Ditjen Diktiristek, tujuan ditetapkannya Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi agar tercapainya kemajuan yang pesat rencana strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta dalam rangka mengakselerasi transformasi pendidikan tinggi sehingga menjadi katalisator transformasi ekonomi yang memenangkan pertarungan global di era digital serta menjadikan Indonesia Indonesia Jaya.
Capaian dan realisasi Indikator Kinerja Utama UPI ini berdampak pada kualitas lulusan, kualifikasi dosen serta kurikulum dan pembelajaran. Pertama, meningkatnya kualitas lulusan yang ditandai dengan meningkatnya kesiapan kerja lulusan UPI serta meningkatnya mahasiswa berkegiatan diluar kampus serta prestasi mahasiswa di luar program studi. Kedua, meningkatnya kualitas dosen pendidikan tinggi yang ditandai dengan meningkatnya dosen berkegiatan diluar kampus, kualifikasi dosen/pengajar, serta indikator penerapan karya dosen bagi masyarakat. Ketiga, meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran yang ditandai dengan meningkatnya kemitraan program studi dengan berbagai institusi lain, meningkatnya kualitas pembelajaran dalam kelas serta reputasi akreditasi internasional.
Penilaian dan pengukuran capaian IKU PTN ini didasarkan atas berbagai kebijakan permintah tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta Petunjuk Teknis Pengukuran dan Perhitungan Insentif Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri Akademik pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.
Universitas Pendidikan Indonesia berusaha terus menerus mengembangkan berbagai strategi agar dapat meningkatkan capaian untuk IKU PTN pada tahun mendatang.
Kesuksesan atas peningkatan pencapaian IKU UPI dinisiasi para pimpinan UPI yaitu Ketua, Sekretaris dan Anggota Majelis Wali Amanat, Rektor, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Senat Akademik, Dewan Guru Besar, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Direktur dan Wakil Direktur UPI Kampus Daerah, Pimpinan Lembaga Direktorat, Badan, Kantor, UPT, Satuan Kerja, Ketua Program Studi, Dosen, Tenaga Kependidikan, Tim Operator MBKM dan PDDIKTI, Tim BPP, Tim Pengembang Jurnal, PIU AKSI ADB serta para mahasiswa dilingkungan Universitas Pendidikan Indonesia atas kerja kerasnya telah membantu meningkatkan capaian IKU Universitas Pendidikan Indonesia ini.
Dr. Yusi Riksa Yustiana, M.Pd selaku Koordinator IKU 1 Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak. Dr. rer. nat. Asep Supriatna, M.Si selaku koordinator IKU 2 Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus. Dr. Liris Raspatiningrum, M.Pd selaku koordinator IKU 3 Dosen Berkegiatan di Luar Kampus. Prof. Dr. Amir Machmud, M.Si selaku koordinator IKU 4 Praktisi Mengajar di Dalam Kampus.
Selanjutnya Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum selaku koordinator IKU 5 Hasil Kerja Dosen Digunakan Oleh Masyarakat Atau Mendapat Rekognisi Internasional. Prof. Ahmad Bukhori Muslim, M.Ed., Ph.D selaku Koordinator IKU 6 Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia, Prof. Dr. Ahmad Yani, M.Si selaku koordinator IKU 7 Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif serta Prof. Dr. Ratnaningsih Eko Sardjono, M.Si selaku koordinator IKU 8 Program Studi Berstandar Internasional.
Editor : Okky Adiana