get app
inews
Aa Read Next : Dukung Inklusivitas Ekonomi, Bank Mandiri Groundbreaking Mandiri Digital Services di IKN

Berdayakan Ekonomi Perempuan, MES dan Bio Farma Gelar Pelatihan UMKM Kreatif Ramah Lingkungan

Kamis, 11 Juli 2024 | 12:26 WIB
header img
Pemberdayaan ekonomi perempuan menjadi perhatian penting dalam konteks pembangunan berkelanjutan di berbagai negara. (Foto: istimewa)

Sementara itu, Ketua Program Studi Magister Manajemen Keuangan Mikro Terpadu FEB Unpad, Asep Mulyana, mewakili Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, mengucapkan terima kasih atas kolaborasi pelatihan antara LPUH MES, PT Bio Farma (Persero), MES Jawa Barat, dan FEB Universitas Padjadjaran yang didukung oleh Smeshub Indonesia dan Sevenpreneur dalam pemberdayaan ekonomi perempuan.

 

“Kolaborasi yang baik ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi para pelaku UMKM, khususnya para perempuan yang memiliki potensi luar biasa dalam mengembangkan ekonomi,” jelasnya.

 

Manager Tanggung Jawab Lingkungan & Kemitraan PT Bio Farma (Persero), Retno Wingit mengatakan bahwa pelatihan ini adalah kerja sama berkelanjutan yang sudah memasuki tahun kedua bersama MES. Di mana tahun lalu dilaksanakan di Kabupaten Sumedang dan Tasikmalaya.

 

"Harapannya, para peserta dapat memberikan manfaat yang mendukung usaha, sehingga mampu meningkatkan UMKM yang ramah lingkungan," ujarnya.

 

Dalam pelatihan yang berlangsung selama satu hari itu, para peserta mendapatkan materi meliputi; manajemen limbah untuk menciptakan peluang usaha, proses produksi, desain; pemasaran produk dengan memperhatikan aspek lingkungan; serta produk: UMKM kreatif ramah lingkungan.

 

Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan inovasi dan kreativitas perempuan untuk menciptakan produk baru dan atau memperkuat kapasitas produksi ekonomi komunitas berbasis ramah lingkungan.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut