get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Dikalahkan Uzbekistan, Wasit VAR asal Thailand Jadi Sorotan

Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia U-23 Gugup Lawan Uzbekistan

Selasa, 30 April 2024 | 11:42 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

DOHA, iNewsCimahi.id - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong (STY), menyebut armadanya sudah gugup sebelum pertandingan kontra Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024. Kondisi itu sangat mempengaruhi permainan anak buahnya sehingga mereka tak mampu bermain dengan baik.

Indonesia tumbang 0-2 dari Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB. Gol Khusayin Norchaev pada menit ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan (86) menjadi penentu hasil laga.

Tujuh menit sebelum gol pembuka tercipta, Indonesia sebenarnya mampu mencetak gol lebih dulu lewat Muhammad Ferarri. Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit lewat keputusan Video Assistant Referee (VAR) karena Ramadhan Sananta berada dalam posisi offside saat mencoba menyambut umpan silang Pratama Arhan tepat sebelum gol terjadi.

Meski begitu, secara keseluruhan Skuad Garuda Muda memang tampil buruk. Mereka hanya mampu melepaskan empat tendangan sepanjang laga dan tak satupun tepat sasaran.

Sementara Uzbekistan membombardir pertahanan Indonesia dengan 28 sepakan di mana empat di antaranya membentur tiang gawang. 

Kartu Merah yang didapat Rizky Ridho pada menit 82 makin memperparah penderitaan Marselino Ferdinan dan kolega sebelum akhirnya kebobolan gol kedua empat menit kemudian

Shin Tae Yong menilai anak buahnya sudah gugup sejak awal untuk menghadapi Uzbekistan yang merupakan finalis pada edisi 2022 lalu. Menurutnya, hal itu membuat permainan mereka menjadi kurang apik.

“Sebelum pertandingan para pemain sudah gugup, dan itu mungkin memberikan pengaruh terhadap performa kami, sehingga tidak bermain dengan baik. Kondisi ini tidak terlihat di pertandingan sebelumnya,” kata Shin dalam konferensi pers pascalaga, Senin (29/4/2024).

Kendati demikian, pelatih asal Korea Selatan itu mengapresiasi perjuangan para pemainnya. Di sisi lain, dia melihat Uzbekistan memang tampil apik melawan pasukannya.

“Saya memberikan apresiasi atas kerja keras pemain dan anggota tim, dan saya pikir Uzbekistan bermain dengan bagus,” ucap pelatih berusia 53 tahun itu.

Dengan kemenangan itu Uzbekistan melangkah ke final Piala Asia U-23 2024 untuk melawan Jepang, yang membungkam Irak 2-0 di semifinal lain. Hasil tersebut pun membuat kedua finalis berhasil menyegel tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Sedangkan Indonesia dan Irak akan saling bentrok dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024, yang juga menjadi laga penentuan wakil ketiga Benua Kuning yang akan mentas di Paris 2024. 

Tim yang kalah dalam laga ini akan berjumpa dengan Guinea, yang merupakan tim peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, untuk memperebutkan tiket terakhir ke pesta olahraga terakbar di dunia itu tahun ini.

Pertandingan antara Indonesia dengan Irak dijadwalkan berlangsung pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB di Abdullah bin Khalifa Stadium. Kemudian, sehari setelahnya partai puncak yang mempertemukan Uzbekistan dengan Jepang digelar pada jam yang sama.

 

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut