get app
inews
Aa Read Next : UM Bandung Gelar Silaturahmi 1445 Hijriah, Rektor Singung Soal Tanah Wakaf

186 Mahasiswa Baru Prodi Psikologi UM Bandung Ikuti Psikotes, Ini Tujuannya

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 14:34 WIB
header img
ULPP UM Bandung menggelar psikotes kepada 186 mahasiswa baru program studi Psikologi angkatan 2023 di lantai 5 kampus ini pada Sabtu (7/10/2023). (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Unit Layanan Pemeriksaan Psikologi (ULPP) Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menggelar psikotes kepada 186 mahasiswa baru program studi Psikologi angkatan 2023 di lantai 5 kampus ini pada Sabtu (7/10/2023).

Para peserta psikotes ini terbagi ke dalam beberapa ruang kelas dan berlangsung dari pagi hingga siang. Sebelum mengisi psikotes secara tertulis, para mahasiswa mengisi daftar riwayat hidup.

”Tujuan kegiatan ini adalah untuk pemetaan potensi mahasiswa program studi Psikologi angkatan 2023 sehingga kami sebagai dosen nantinya bisa membantu mengoptimalkan potensi mereka,” tutur Kepala ULPP UM Bandung Novy Yulianty MPsi Psikolog.

Dengan adanya gambaran tersebut, ungkap Novy, dosen dapat membantu mengembangkan potensi mahasiswa sehingga bisa turut meningkatkan prestasi akademik mereka.

Selain itu, tes ini juga dilakukan sebagai deteksi dini jika ada gangguan psikis mulai dari gangguan yang sifatnya ringan hingga gangguan psikis yang berat. Pasalnya, hal ini akan sangat berpengaruh pada proses pembelajaran dan prestasi akademik selama perkuliahan.

“Dengan adanya deteksi dini tersebut, diharapkan kami dapat mengetahui bagaimana teknik yang tepat dalam penanganan dan pendampingan terhadap mahasiswa,” kata Novy.

Tesnya meliputi tes kecerdasan termasuk mengukur IQ. Tes lainnya yakni mengukur motivasi belajar, ketelitian, kemampuan menyelesaikan masalah, dan kemampuan apakah mahasiswa mampu bekerja di bawah tekanan atau tidak.

Editor : Okky Adiana

Follow Berita iNews Cimahi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut