get app
inews
Aa Read Next : Kandidat Potensial Bursa Cagub Jabar, Ono Surono Tunggu Penugasan DPP PDIP

Tak Sanggup Bayar UMK, 14 Pabrik Garmen di Jabar Pindah ke Jawa Tengah

Selasa, 07 Februari 2023 | 16:21 WIB
header img
Perusahaan garmen di Jabar akan dipindahkan ke Jawa Tengah karena tak sanggup bayar gaji karyawan. (Foto: Agung/Sindo)

BANDUNG, iNewsCimahi.id  - Sejumlah 14 pabrik garmen di Jawa Barat, diisukan akan pindah ke Jawa Tengah. Diperkirakan, belasan pabrik tersebut bakal pindah karena pihak perusahaan tak sanggup membayar gaji karyawannya. 

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar, Rachmat Taufik Garsadi menjelaskan, pihaknya telah menerima laporan rencana 14 pabrik di Jabar yang akan pindah ke provinsi lain itu. 

Rachmat mengatakan, banyaknya pabrik yang berencana pindah ke luar wilayah Jabar karena beberapa faktor. Akan tetapi, berdasarkan informasi yang diterima, salah satunya karena upah minimum kabupaten/kota (UMK) atau upah standar yang diberikan pada buruh terlalu besar. 

"Ini banyak pabrik padat karya seperti garmen. Semuaya ada kaitan dengan persoalan upah, jadi mungkin mereka sudah tidak sanggup lagi sehingga mau pindah," jelas Rachmat, Selasa (7/2/2023). 

Menurut Rachmat, lokasi ke-14 pabrik itu berada di beberapa daerah yang memiliki UMK tergolong tinggi. "Dari 14 pabrik ini, rinciannya 10 pabrik di Kabupaten Bogor dan 4 pabrik di Purwakarta. Para pengusaha di wilayah itu pun sudah melaporkan situasi ini ke Kementerian Tenaga Kerja RI," ucapnya. 

Editor : Andi Hadiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut