get app
inews
Aa Read Next : Pj Wali Kota Cimahi Bersama Forkimpida Tinjau Perayaan Natal

6 Fakta Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek

Jum'at, 20 Januari 2023 | 13:50 WIB
header img
6 fakta Perayaan Tahun Baru Imlek. (Foto: History)

2. Di China perayaan Imlek merupakan hari libur terpanjang

Perayaan Imlek dimulai dari tanggal pertama dari bulan ke-1 hingga tanggal 15 dalam kalender Tionghoa. Hari pertama adalah yang paling utama dan sering disebut sebagai 'Chunjie' atau 'Tahun Baru China'. Namun, musim liburan di China dimulai setiap bulan Desember (lunar), ditambah dengan Festival Laba. Maka, musim libur di China bisa mencapai sekitar 40 hari.

3. Tradisi pemberian angpau kepada keluarga 

Salah satu tradisi Tahun Baru Imlek yang paling populer adalah pemberian amplop merah. Biasanya, amplop merah ini diberikan kepada anak-anak dari orang tua. 

Bagi pasangan yang sudah menikah, umumnya akan memberikan amplop merah kepada anggota keluarga mereka yang belum menikah. Amplop merah ini sering kali berisi uang. Jumlah uang dalam amplop seringkali merupakan angka yang menunjukkan keberuntungan.


Pertunjukan Barongsai atau Liong. (Foto: Pexels)

4. Barongsai atau tarian liong

Barongsai dianggap sebagai simbol kekuatan, keberuntungan, dan kebahagiaan, dan diharapkan dapat membawa keberuntungan bagi orang yang menyaksikan tarian tersebut. Sejarah barongsai berakar dari tradisi Cina kuno. Singa juga dipercaya dapat mengusir roh-roh jahat dan memberikan keberuntungan di tahun baru. 

Editor : Megha Nugraha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut