Pos Indonesia Kembali Dipercaya Layani Pengiriman Logistik Jemaah Haji 2025

Okky Adiana
Pos Indonesia kembali dipercaya melayani kiriman logistik bagi jemaah haji asal Indonesia pada musim haji 2025. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsCimahi.id - Pos Indonesia kembali dipercaya melayani  kiriman logistik bagi jemaah haji asal Indonesia pada musim haji 2025. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk memastikan distribusi barang berjalan lancar. 

Kepastian keterlibatan Pos Indonesia setelah ikut dalam Rapat Koordinasi Peningkatan Penyelenggaraan Layanan Logistik Jemaah Haji 2025 yang digelar oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Jakarta.

Rakor ini merupakan tindak lanjut dari diskusi antara Kemenko PMK dan Pos Indonesia terkait upaya peningkatan layanan logistik haji. 

Direktur Business Development dan Portfolio Management Pos Indonesia, Prasabri Pesti, yang hadir dalam rapat tersebut menyampaikan, Pos Indonesia telah memiliki sertifikasi distribusi halal untuk mendukung layanan logistik jemaah haji.

"Sebagaimana pada keberangkatan haji tahun sebelumnya, kami juga akan menyiapkan petugas di Makkah dan Madinah untuk membantu jemaah dalam pengiriman barang kembali ke Tanah Air," ujar Prasabri.

Pos Indonesia berkomitmen untuk tidak hanya melayani pengiriman barang milik jemaah haji, tetapi juga mendukung pengiriman logistik petugas dan penyelenggara untuk kelancaran musim haji tahun ini. 

Komitmen Pos Indonesia, sejalan dengan mandat Menteri BUMN Erick Thohir, bahwa BUMN harus mendukung kelancaran pelaksanaan ibadah haji. Termasuk Pos Indonesia agar dapat memastikan pengiriman kargo dan logistik haji secara cepat dan efisien.

"Kami saat ini masih dalam tahap persiapan, mencari solusi dan evaluasi atas berbagai kendala yang mungkin akan muncul di lapangan. Kami juga terus berdiskusi dan berkoordinasi dengan stakeholder serta lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas layanan dan SLA (Service Level Agreement)," tutup Prasabri.

Dia optimistis, Pos Indonesia dapat memberikan layanan logistik terbaik bagi jemaah haji Indonesia di tahun 2025. Pos Indonesia juga akan memberikan harga terjangkau untuk pelayanan haji ini. Selain juga kepastian akan distribusi logistik hingga pelosok nusantara. 

Deputi Bidang Koordinasi Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa Kemenko PMK Warsito mengatakan, perjalanan Jemaah Haji tahun 2025 asal Indonesia direncanakan berlangsung antara Bulan Mei hingga Juli 2025.

“Meskipun dari tahun ke tahun penyelenggaraan haji telah mengalami berbagai perbaikan, namun untuk membangun ekosistem haji yang baik diperlukan kolaborasi dari berbagai sektor,” ungkap Warsito.

Dukungan tersebut penting dilakukan agar hajatan besar tahunan umat Islam ini dapat berjalan lancar. Jemaah haji melaksanakan ibadah dengan khusyuk tanpa harus memikirkan pengiriman barang bawaan dan perlengkapan lainnya. 

Diketahui, pada pada rakor yang digelar di Hotel Mercure Sabang, Jakarta, hadir  Deputi Bidang Koordinasi Penguatan Karakter & Jati Diri Bangsa Kemenko PMK Warsito; Asisten Deputi Bina Keagamaan Kemenko PMK Asep Sunandar; Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen Penyelenggara Haji & Umroh Kementerian Agama Muhammad Zein; Direktur Business Development dan Portofolio Management Pos Indonesia Prasabri Pesti; Kepala Balai Karantina Pertanian Abdul Rahman; Ketua Tim Kerja Pengendalian Faktur Risiko Kesehatan Haji Imron Cahyono; Direktur Dukungan Layanan Akomodasi, Konsumsi dan Transportasi pada Deputi Bidang Koordinasi Pelayanan Haji Dalam Negeri (Badan Penyelenggara Haji RI).

Juga hadir perwakilan dari Bea Cukai, Badan Karantina Indonesia, serta perwakilan dari BPOM RI dan PT Garuda Indonesia (Persero). 

Tentang Pos Indonesia

PT Pos Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa kurir dan logistik, jasa keuangan, serta property. Didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746, PT Pos Indonesia (Persero) menjadi salah satu BUMN tertua di Indonesia.

Sejak 2023, perusahaan yang identik dengan logo burung merpati ini meresmikan merek dan logo barunya yang bertajuk PosIND. PosIND yang merupakan singkatan dari Pos Indonesia Integrated National Distribution merupakan wujud langkah transformatif Pos Indonesia sebagai perusahaan logistik yang dapat bersaing secara global.

Dalam melaksanakan pelayanan pos di Indonesia, perusahaan ini membaginya ke dalam enam daerah atau regional. Memiliki 6 Kantor Pos regional, 42 Kantor Pos Cabang Utama (KCU), 168 Kantor Pos Cabang (KC), dan 3.630 Kantor Pos Cabang Pembantu (KCP).

Seiring zaman yang yang semakin modern, transformasi digital diterapkan oleh PosIND pada layanannya. Adapun layanan digital yang ditawarkan oleh, yaitu Pos Aja! yang merupakan aplikasi jasa pengiriman yang berbasis digital courier dan Pospay, aplikasi layanan keuangan gabungan dari transformasi digital produk kantor pos dan giro.

Saat ini, PosIND memiliki tiga anak perusahaan, yaitu Pos Logistic yang bergerak pada bidang bisnis logistik, Pos Properti yang mengurus sektor perhotelan dan bisnis konstruksi properti, dan Pos Fin, layanan yang bergerak di bidang jasa keuangan berbasis teknologi.

Editor : Okky Adiana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network