Kolaborasi ITB dan UNIMUDA Sorong Dorong Kreativitas dan Kemandirian Ekonomi di Papua Barat Daya

Okky Adiana
ITB melalui kolaborasi antara SBM dan FSRD terus menggencarkan pengabdian masyarakat di Papua Barat Daya. (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui kolaborasi antara Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) terus menggencarkan pengabdian masyarakat di Papua Barat Daya.
 

Tim Pengabdian Masyarakat ITB terdiri dari perwakilan akademisi SBM ITB, yaitu Dr. Eng. Nur Budi Mulyono, Ilma Aulia Zaim, Ph.D, Lisandy Arinta Suryana, MSM., Mochamad Haikal Ghiffari, dan Muhammad Rakha Athaya. Sementara itu, Tim FSRD ITB diwakili oleh Dr. Muksin, S.Sn, M.Sn, Dr. Dikdik Sayahdikumullah, M.Sn, Zusfa Roihan, S.Sn, M.Sn, Raisa Ulima Mulyono, Kiara Shafah Khalisah Chaidir, dan Betiq Laiqa Fatiha.

 

Rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak 20 Agustus hingga 28 Agustus 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemandirian ekonomi masyarakat, serta memperkuat kompetensi guru dan mahasiswa di Kabupaten Sorong.

 

Dimulai di Kampung Kuadas, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, program pengabdian ITB ini berfokus pada pemberdayaan warga melalui pengembangan ekonomi kreatif. Tim pengabdian, yang terdiri dari akademisi ITB, melibatkan sebanyak 25 perempuan warga setempat dalam berbagai pelatihan. Salah satu pelatihan yang paling diminati adalah pembuatan produk tie-dye menggunakan tisu sebagai bahan utama, yang diharapkan dapat menjadi sumber penghasilan baru bagi warga Kampung Kuadas.

 

Mewakili Tim SBM ITB, Dr. Eng. Nur Budi Mulyono menjelaskan, "Program ini dirancang untuk mempromosikan ekonomi kreatif sebagai solusi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kampung Kuadas. Kami ingin membekali warga dengan keterampilan yang dapat mengubah kreativitas menjadi penghasilan yang berkelanjutan," ujarnya.

 

Selain pelatihan teknis, warga juga mendapatkan pengetahuan tentang strategi penentuan harga pasar, yang membantu mereka dalam mengembangkan usaha kreatif secara profesional dan meningkatkan daya saing produk di pasar yang lebih luas.

 

Dr. Muksin, perwakilan dari FSRD ITB, menambahkan pentingnya berpikir kreatif dalam proses produksi. "Kreativitas adalah kunci dalam menciptakan produk yang unik dan bernilai jual tinggi. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya lokal untuk menghasilkan produk yang tidak hanya menarik tetapi juga memiliki nilai ekonomi," ucapnya.

 

Program pengabdian ini juga melibatkan kolaborasi dengan Fakultas Teknik Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, yang diwakili oleh akademisi Prodi Teknik Kimia, Nita Indriyani, MT dan Yusnita La Goa, MT. Selain itu, program ini mendapatkan dukungan penuh dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB dan NORHED project dari Norwegian Agency for Development Cooperation.

Editor : Okky Adiana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network