Mahasiswa SBM ITB Paparkan Ide Kreatif untuk Pariwisata Cisurupan di depan Pemkot Bandung

Okky Adiana
Kepala Bidang Pariwisata, Yayah Sumiati., S.Ip., M. Si, (foto: istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) menggelar presentasi menarik dan penuh ide kreatif di hadapan Pemerintah Kota Bandung sebagai bagian dari ujian akhir mata kuliah Hospitality and Tourism Marketing. Acara ini berlangsung pada Kamis, 6 Juni 2024, di Bandung Creative Hub, Jalan Laswi Bandung.

 

Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata dari SBM ITB dalam mengimplementasikan konsep dan praktik pemasaran pariwisata, serta mengembangkan penta-helix pariwisata yang melibatkan akademisi, pemerintah, komunitas, pelaku bisnis, dan media dalam upaya memajukan pariwisata.
 

Pada kesempatan ini, sebanyak 8 kelompok mahasiswa yang terdiri dari 41 mahasiswa sarjana manajemen, termasuk satu mahasiswa asing dari Spanyol, ditugaskan untuk memfokuskan perhatian mereka pada potensi besar yang dimiliki Kelurahan Cisurupan, khususnya destinasi wisata Sein Farm dan Wetland Park.

Dosen Pengampu Kuliah Hospitalily and Tourism Marketing Ilma Aulia Zaim, mengatakan tugas ini dikerjakan selama satu semester penuh, dimulai dengan field trip dan observasi ke Kelurahan Cisurupan sebagai langkah awal. Dalam kegiatan ini, mahasiswa melakukan penelitian lapangan untuk memahami kondisi dan potensi pariwisata setempat. Selama satu semester, mahasiswa mengembangkan berbagai strategi pemasaran yang inovatif dan berkelanjutan. Mereka menghasilkan ide pemasaran yang mencakup aspek-aspek seperti branding, promosi, pengelolaan destinasi, dan keterlibatan komunitas.

Ilma menambahkan bahwa melalui proyek ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya belajar secara teoritis tetapi juga mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks nyata, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pariwisata lokal.

Editor : Okky Adiana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network