get app
inews
Aa Read Next : Dinkes Cimahi Kampanyekan Gerakan Nasional Aksibergizi Upaya Atasi Anemia pada Remaja

Pj Wali Kota Cimahi Lantik 119 Orang Pejabat Struktural dan Fungsional

Jum'at, 05 Juli 2024 | 17:05 WIB
header img
Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi melantiksejumlah Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi. (Foto: istimewa)

CUMAHI, iNewsCimahi.id - Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi melantiksejumlah Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di Aula Gedung A Kantor Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Jumat (5/7/2024).

 

Dicky mengungkapkan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan hari ini dilaksanakan berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeridan Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

 

Ia menyampaikan dari 119 orang yang dilantik dan diambil sumpahnya initerdiri atas 26 orang terdiri dari Pejabat Administrator Eselon 3, 42 orang Pejabat Pengawas Eselon 4 dan 51 orang Pejabat Fungsional.

Dicky juga menyebutkan pelantikan dilakukan berdasarkansistem merit yakni dengan bobot penilaian sebesar 50% dariaspek attitude, 30% kompetensi dan keahlian, serta 20% berdasarkan aspek kinerja.

 

 “Bila kita lihat untuk yang di struktural, maka yang rotasi itu hanya 12 orang, mereka-mereka ini adalah yang sudah menduduki jabatan lebih daridua tahun sedangkan yang promosi ini adalah satu pertimbangan yang kita lakukan berdasarkan penilaian pemerintah. Nah khusus untuk ini saya sampaikan bahwa dalam penilaian ini tidak terlepas dari prinsip-prinsip sistemmerit,” ungkapnya.

 

Kinerja yang dimaksud Dicky dilihat dari Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) berdasarkan penilaian yang dilakukan di masing-masing perangkat daerah, sedangkan untuk aspek kompetensi dilihat dari pengalaman kerja, kepangkatan sertadiklat yang sudah diikuti oleh pejabat yang dilantik tersebut, lalu untuk attitude dilihat dari perilaku dan konduite-nya, yang kesemua itu kemudian dinilai dalam forum BadanPertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

 

Lebih lanjut Dicky menjelaskan untuk jabatan fungsionaldiusulkan berdasarkan permohonan, berdasarkan juga keahlian dan keterampilan yang dimiliki seseorang untukjabatan fungsional tersebut karena ini menyangkut keahlian yang spesifik. 

 

“Nah Insyaallah dengan pelantikan Pejabat Struktural danFungsional ini maka organisasi kita semakin kuat dan semakinharmonis karena struktural dan fungsional ini memang harusada, bahkan nantinya yang fungsionalnya akan lebih dominan dalam melaksanakan tugas-tugas di pemerintah daerah,” imbuh Dicky.

 

Kepada para pejabat yang dilantik Dicky berpesan untukmenjaga kebersamaan dan kekompakan sehingga dapatbersama-sama membangun sinergi dan kerjasama yang lebihkuat, sekaligus mendorong munculnya pemikiran dan ide-ide baru untuk merespon dan memecahkan berbagai persoalandan tantangan pembangunan di Kota Cimahi ke depannya,

“Saya harap para pejabat yang dilantik hari ini dapatmenjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dalam rangkamencarikan solusi dan yang ikut juga mensukseskanpercepatan dalam tujuan-tujuan pembangunan menuju Cimahiyang Campernik,” tandasnya. 

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut