get app
inews
Aa Read Next : Prodi Akuntansi UM Bandung Gelar Kuliah Umum Bertajuk ESG

Raih Juara Pertama Lomba Video Pengelolaan Sampah, Dosen UM Bandung Merasa Bersyukur

Jum'at, 21 Juni 2024 | 09:59 WIB
header img
UM Bandung kembali meraih prestasi membanggakan pada tahun 2024 ini. UM Bandung berhasil meraih juara pertama dalam lomba Video Best Practice Pengelolaan Sampah Kategori Perguruan Tinggi. (Foto: istimewa)

Ketua PPLH UM Bandung, Luthfia Hastiani Muharram, mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya atas prestasi ini, mengingat prosesnya yang cukup panjang. Melalui video lomba tersebut, Luthfia ingin menyampaikan pesan penting bahwa UM Bandung mampu mengelola sampah secara mandiri dengan ilmu pengetahuan. 

 

"Pengelolaan sampah yang ada di video tersebut merupakan implementasi dari hasil penelitian para dosen UM Bandung," ucap Luthfia.

 

Luthfia juga menjelaskan berbagai cara pengelolaan sampah yang dilakukan menggunakan teknologi hasil penelitian para dosen. "Dalam pengelolaan sampah, kami menggunakan magot untuk dijadikan kompos dan juga mesin pencacah yang merupakan hasil inovasi dosen UM Bandung," ujarnya.

 

Selain itu, UM Bandung juga memiliki komunitas bernama Bank Sampah Sahabat yang dikelola oleh para mahasiswa dari berbagai program studi. "Kampus kita melalui komunitas ini menjadi tempat untuk berkarya dan berinovasi menggunakan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan untuk menyelesaikan masalah sampah di lingkungan sekitar," jelas Luthfia.

 

Tidak hanya di lingkungan internal, hasil riset dosen tentang pengelolaan sampah juga diterapkan pada masyarakat sekitar kampus UM Bandung. "Alhamdulillah, kami juga membina masyarakat di sekitar kampus, khususnya daerah Cipadung Kidul RW 05, untuk pengelolaan sampah dengan teknologi," imbuh Luthfia.

 

Dengan perolehan penghargaan ini, Luthfia berharap UM Bandung bisa menjadi model bagi institusi pendidikan lainnya dalam mengatasi dan memberikan solusi konkret atas masalah pengelolaan sampah. "Semoga apa yang kita lakukan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam mengatasi masalah pengelolaan sampah," tandas Luthfia.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut