get app
inews
Aa Read Next : Tim Art in Motion Belanda Bakal Berikan Lokakarya Intensif di ISBI Bandung

Peringatan Hari Film Nasional 2024 Digelar oleh ISBI Bandung pada Bulan Ramadan

Sabtu, 30 Maret 2024 | 22:07 WIB
header img
Menjelang Hari Film Nasional yang jatuh pada tanggal 30 Maret 2024, Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kemendikbudristek bekerjasama dengan Perkumpulan Program Studi Film dan Televisi Indonesia (foto: istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Menjelang Hari Film Nasional yang jatuh pada tanggal 30 Maret 2024, Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerjasama dengan Perkumpulan Program Studi Film dan Televisi Indonesia (PROSFISI) dengan bangga akan menggelar peringatan Hari Film Nasional pada tanggal 28 Maret 2024.

 

Rangkaian Hari Film Nasional 2024 memiliki tema “Ngabuburit Bareng Insan Film” (Ngabarin Film) dengan jargon “Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya”. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak oleh sepuluh kampus program studi Film dan Televisi di Indonesia, meliputi: Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, ISI Padang Panjang, Universitas Dinamika Surabaya, Widyatama Bandung, Akademi Film Jogja, dan Universitas Potensi Utama (UPU) Medan.

Acara di ISBI Bandung diawali dengan sambutan dari Ketua Program Studi Televisi dan Film Dara Bunga Rembulan, M.Sn. dan Rektor ISBI Bandung Dr. Retno Dwimarwati, S.Sen., M.Hum. 

 

Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film "The Night Seemed So Wrong" karya Kawakibi Muttaqien, film Heaven Pass karya Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, serta film Mutiara Break The Shell karya Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, serta dilanjutkan dengan diskusi menarik bersama sutradara film tersebut. Acara ini diakhiri dengan acara buka puasa seluruh peserta kegiatan.

Ketua Program Studi Televisi dan Film Dara Bunga Rembulan, M.Sn. menjelaskan bahwa misi utama peringatan ini adalah memberikan semangat kepada para sineas muda untuk bersama- sama merasakan kemeriahan Hari Film Nasional 2024. 

 

Harapannya, acara ini tidak hanya menumbuhkan kolaborasi antar program studi film dan televisi di Indonesia, namun juga memicu kebangkitan industri film Indonesia. Perayaan ini juga diharapkan menciptakan jaringan profesional yang kuat di bidang film.

“Perayaan luar biasa ini menandakan semangat para insan perfilman Indonesia dalam mengapresiasi film nasional. Peringatan Hari Film Nasional tidak hanya sebagai penghormatan terhadap sinema Indonesia, namun juga sebagai batu loncatan menuju masa depan film yang kaya akan cerita inovatif dan kreatif,” tambah Dara.

 

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Sunan Ambu ISBI Bandung pada tanggal 28 Maret 2024 ini dikelola oleh Keluarga Mahasiswa Televisi dan Film (KMTF) ISBI Bandung bekerjasama dengan Bandung Film Commission (BFC) diharapkan dapat menginspirasi peserta untuk berkontribusi terhadap dunia film yang dinamis dalam mewujudkan masa depan sinema yang cerah.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut