get app
inews
Aa Read Next : Begini Peringatan Hari Bumi di Kota Cimahi

Disdukcapil Kota Cimahi Kebut Perekaman e-KTP Pemula

Senin, 29 Januari 2024 | 15:11 WIB
header img
Disdukcapil Kota Cimahi melakukan pengebutan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik alias e-KTP bagi pemilih pemula mendekati Pemilu 2024. (Foto: istimewa)

CIMAHI, iNewsCimahi.id - Disdukcapil Kota Cimahi melakukan pengebutan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik alias e-KTP bagi pemilih pemula mendekati Pemilu 2024. Ada 12.822 orang pemilih pemula di Kota Cimahi yang sedang dikejar perekamannya.


Jumlah itu merupakan Wajip Kartu Tanda Penduduk (WKTP) yang sudah berusia 17 tahun dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang menginjak usia 17 tahun saat pemilihan.

"Data cut off sampai 15 Januari itu ada 12.822 orang pemilih pemula, ditargetkan beres perekaman 14 Februari," terang Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi, Sularno, dari laman Pemkot Cimahi.


Dari jumlah total pemilih pemula atau masuk kategori Gen Z yang terdata, Disdukcapil Kota Cimahi sudah melakukan perekaman sudah mencapai 81,03 persen atau sebanyak 10.254 orang. Sedangkan yang sudah dicetak KTP elektroniknya baru 6.935 orang.

"Jadi dari 12.822 itu yang sudah perekaman 10.254, udah cetak KTP-el 6.935, status pindah dan anomali 168 orang. Jadi yang belum perekaman itu 2.400 orang," kata Sularno.


Untuk mempercepat perekaman bagi pemula itu, Disdukcapil Kota Cimahi melakukan jemput ke seluruh kelurahan, kecamatana dan sekolah untuk menyasar siswa yang sudah berusia 17 tahun. Upaya itu akan terus dilakukan untuk mengakomidir pemula di Kota Cimahi.

"Banyak Gen Z (merupakan generasi yang lahir usai era generasi milenial) yang telah kita jemput bola perekaman e-KTP ke sekolah-sekolah. Rata-rata setiap sekolah kita dapat sekitar 40," ucap dia.


Sularno menginformasikan, selain jemput bola perekaman KTP-el juga bisa dilakukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berada di Jalan Aruman, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara dan di setiap kecamatan di Kota Cimahi.

"Jemput bola ini dilakukan sebagai bentuk percepatan perekaman e-KTP dengan sasaran siswa-siswa SMA sederajat untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024," tutur Sularno.

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut