get app
inews
Aa Read Next : Siapa Bilang Perempuan Tidak Bisa Menjadi Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Begini Kata Yulis Hadiati

16.000 Lansia Ikut Senam Sehat, Rumah Zakat Raih Rekor MURI

Senin, 07 Agustus 2023 | 07:45 WIB
header img
Ribuan peserta mengikuti senam lansia Rumah Zakat di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Minggu (6/8/2023). (Foto: Arif Budianto)


Sebanyak 25.000 kuota beasiswa bagi pelajar tingkat SMA atau sederajat, sebagai upaya menekan angka putus sekolah. Saat ini, rata rata lama sekolah di Indonesia masih di angka 9.08 tahun atau hanya lulus SMP.

Irvan Nugraha mengatakan, Rumah Zakat meluncurkan program Beasiswa Baik yang bertujuan membantu 25.000 pelajar di Indonesia. Beasiswa Baik adalah program pemberian bantuan beasiswa bagi siswa pada jenjang SMA sederajat dan Mahasiswa Perguruan Tinggi yang berfokus pada pendampingan dan pelibatan aktif penerima beasiswa dalam penyelesaian masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

"Program Beasiswa Baik ini lahir karena adanya fakta bahwa rata-rata masyarakat Indonesia hanya bersekolah hingga Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan data BPS rata-rata lama sekolah masyarakat Indonesia 15 tahun ke atas selama 9.08 tahun," jelas dia.

Merujuk pada data tersebut, sebanyak 76% keluarga menyatakan penyebab utama anak mereka putus sekolah adalah karena alasan ekonomi. Sebagian besar (67,0%) di antaranya tidak mampu membayar biaya sekolah, sementara sisanya (8,7%) harus mencari nafkah.

“Oleh karena itu di momen seperempat abad ini, Rumah Zakat siap mendukung program pemerintah menuntaskan wajib belajar 12 tahun melalui program beasiswa baik," jelas dia.

Bagi pelajar yang kesulitan biaya dapat mengajukan bantuan melalui website beasiswabaik.rumahzakat.org. Sementara bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi membantu membiayai para pelajar yang kurang mampu, dapat mengakses website yang sama untuk berinfak Pendidikan. 

Editor : Okky Adiana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut