get app
inews
Aa Read Next : Siapa Bilang Perempuan Tidak Bisa Menjadi Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Begini Kata Yulis Hadiati

Rasio Pengusaha Masih Rendah, Kadin Dorong Perempuan Jadi Entrepreneur

Senin, 17 April 2023 | 05:23 WIB
header img
Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid saat meninjau stand UMKM di Kadin Kota Bandung, Jalan Talaga Bodas, Kota Bandung, Jumat (14/4/2023). (Foto: Arif Budianto)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendorong perempuan menjadi entrepreneur dengan terjun menggarap bisnis skala kecil dan menengah. Keterlibatan kaum perempuan diharapkan mengurangi minimnya rasio pengusaha di Indonesia.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, Kadin Indonesia menjadikan UMKM sebagai fokus utama pada tahun 2023. Hal ini karena UMKM menjadi penopang perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Melihat besarnya peranan tersebut, pemberdayaan yang baik dan terfokus akan menjamin kuatnya perekonomian Indonesia di masa mendatang.

"Saat ini terdapat 37 juta UMKM yang dikelola oleh perempuan dan dengan semakin banyaknya program seperti Catering Academy diharapkan dapat semakin meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM, serta memperkuat ekonomi daerah dan nasional," kata Arsjad pada acara Katering Academy di Kadin Kota Bandung, Jumat (14/4/2023).

Kadin, kata dia, berkomitmen mendorong jumlah pengusaha terus meningkat. Saat ini, rasio pengusaha di Indonesia baru sekitar 1,6 persen. Idealnya, rasio pengusaha mencapai 4 persen dari jumlah penduduk.

Menurut dia, program Catering Academy adalah program yang berfokus pada kategori pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengembangan kemampuan gastronomi dan usaha bidang kuliner. Anggota-anggota program Catering Academy adalah perempuan yang memiliki ketertarikan dalam bidang kuliner dan akan menjalani pelatihan yang diisi oleh praktisi kuliner yang berpengalaman sehingga kemudian dapat membangun UMKM di bidang jasa katering.

"Perempuan memiliki peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan, dan penting bagi kita semua untuk menyadari bahwa perempuan memiliki peran yang besar dalam pemulihan ekonomi, baik dalam skala nasional maupun global. Program Catering Academy yang diinisiasi Kadin Kota Bandung ini memiliki potensi untuk membantu menaik kelaskan UMKM perempuan yang awalnya memulai usaha dari skala kecil hingga terus menjadi lebih berkembang.” kata dia.

Editor : Okky Adiana

Follow Berita iNews Cimahi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut