get app
inews
Aa Read Next : Buka Supermarket Pertama di Bandung, Rambla Bidik Transaksi Online dan Offline

Ngeri! Marak Begal di Bandung, Wali Kota: Perlu Ditindak Tegas Biar Jera

Jum'at, 27 Januari 2023 | 09:11 WIB
header img
Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (MNC Portal/Arif Budianto)

BANDUNG, iNewsCimahi.idWali Kota Bandung, Yana Mulyana buka suara atas maraknya kejahatan di Kota Bandung, di antaranya kasus pembegalan atau begal yang akhir-akhir ini sering terjadi. 

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mendukung aparat kepolisian dalam menjaga keamanan dan kenyamanan warga dengan langkah-langkah preventif guna mencegah kejahatan kasus begal tersebut.

Yana Mulyana pun mendukung kepolisian mengambil tindakan tegas terukur terhadap para pelaku kejahatan begal agar menimbulkan efek jera.

"Kalau itu dianggap bisa memberikan rasa aman ke masyarakat, kita sepakat saja. Polisi juga paham batasan-batasannya seperti apa. Mudah-mudahan ada efek jera," ucapnya di Balai Kota, Kamis (26/1/2023).

Namun, Yana menegaskan, hal tersebut itu ranah kepolisian. Ia melanjutkan, kejahatan terjadi jika ada kesempatan dan biasanya terjadi di kawasan minim penerangan. Penerangan itu menjadi kewenangan Pemkot Bandung untuk mengatasinya.

Di sisi lain, Pemkot Bandung akan menambah jumlah lampu. Baik itu penerangan jalan umum (PJU), dan penerangan jalan lingkungan (PJL) untuk mengantisipasi tindak kejahatan.

"Penerangan ini yang menjadi ranah kita. Kita akan tambah titik titik baru untuk PJU dan PJL. Selain penerangan, kita akan masifkan lagi ronda malam, patroli dari Satpol PP dan Dishub," ujar dia.

Sebelumnya, polisi memberikan tindakan tegas terukur terhadap dua pelaku pembegalan di Jalan Gatot, Gegerkalong. Pelaku ditangkap Unit Reskrim Polsekta Sukasari.

Selain itu, Yana mengajak masyarakat meningkatkan partisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Bandung dengan menggelar lomba Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

"Ada masukan dari Pak Ketua (Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan) supaya partisipasinya bergairah untuk dilombakan, kita coba nanti," tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini aparat Linmas dan berbagai elemen masyarakat Kota Bandung serentak telah menggelar Siskamling di wilayahnya masing-masing secara rutin.

Siskamling ini secara serentak dilakukan di 151 kelurahan dan 30 Kecamatan di Kota Bandung. Di ranah Pemkot Bandung, Yana meminta Satpol PP dan Dishub untuk rutin menggelar patroli.

“Jaga keamanan Kita minta Dishub, Satpol PP rutin gelar operasi,” ujar Yana.

Selain itu, Pemkot Bandung juga menyiapkan layanan kegawatdaruratan yakni Bandung Siaga 112. Layanan ini mempermudah masyarakat untuk mengingat nomor gawat darurat.
 

Editor : Andi Hadiana

Follow Berita iNews Cimahi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut