get app
inews
Aa Read Next : LPPM ITB Screening Gejala PTSD Penyintas Bencana Longsor di Desa Cibenda, Kabupaten Bandung Barat

Hebat! Mahasiswa ITB Ini Bikin Aplikasi Perencana Perjalanan Berbasis Kecerdasan Buatan

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:40 WIB
header img
Mahasiswa Institut Teknologi Bandung membuat aplikasi Odiga. (Foto: Humas ITB)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Bepergian ke luar kota dan tempat-tempat baru dapat menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu libur.

Terbatasnya waktu liburan dan banyaknya tempat yang ingin dikunjungi seringkali menjadi dilema dalam merencanakan perjalanan.

Hal tersebut diperparah dengan tidak efisiennya perjalanan akibat pilihan rute antara satu tempat ke tempat lain yang tidak searah.

Permasalahan tersebut berhasil dijawab oleh dua mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang membuat aplikasi Odiga.

Odiga merupakan web aplikasi perencanaan perjalanan yang memanfaatkan K-Means clustering, collaborative filtering, dan genetic algorithm.

Berkat inovasi ini membawa tim yang terdiri dari dua mahasiswa dari jurusan Teknik Fisika yaitu, Nafi Mulyo Kusumo dan Syarifa Khairunnisa, serta satu mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Muhammad Rifqi Syatria, meraih juara 1 lomba Compfest 14 2022.

Lomba ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, dimulai sejak akhir Juni 2022 dan ditutup dengan malam penghargaan pada 30 Oktober tahun lalu.

Odiga dilengkapi dengan empat fitur. Fitur pertama adalah perencanaan perjalanan dengan peta interaktif dari Mapbox GL JS. Melalui fitur ini pengguna dapat memilih tempat-tempat yang ingin dikunjungi langsung di atas peta. Fitur kedua adalah perencanaan waktu berbasis artificial intelligence (AI).

Dengan sekali klik, pengguna dapat mengetahui pembagian waktu paling efektif berdasarkan lokasi tempat dan jumlah hari dari rencana perjalanan.

Editor : Okky Adiana

Follow Berita iNews Cimahi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut