get app
inews
Aa Read Next : LPPM ITB Screening Gejala PTSD Penyintas Bencana Longsor di Desa Cibenda, Kabupaten Bandung Barat

SADAPtech Karya Mahasiswa ITB yang Sabet Medali Emas pada PIMNAS 2022

Rabu, 14 Desember 2022 | 17:19 WIB
header img
Mahasiswa yang menggagas SADAPtech. Alat penyadap SADAPtech bekerja menggunakan gerinda tangan yang dihubungkan dengan baterai sebagai pengganti mata pisau manual. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Getah karet merupakan komoditas perkebunan terbesar kedua di Indonesia setelah kelapa sawit. Dengan potensi yang demikian besar, sayangnya kualitas getah karet produksi Indonesia masih jauh tertinggal dengan negara-negara lain.

Terinspirasi dari kondisi tersebut, mahasiswa FTMD dan STEI ITB berkolaborasi membuat produk alat penyadap pohon karet elektrik yang dilengkapi pemilah bernama SADAPtech untuk membantu meningkatkan kualitas sadapan petani karet.

Ide ini kemudian berhasil menyabet medali emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di bawah bimbingan Dr. Ir. Aditianto Ramelan.

Mahasiswa yang menggagas SADAPtech tersebut di antaranya Yuman Satriyadi (13620062), M. Rafiuddin Rasyid (13120111), Pande Nyoman Dharmayasa S. (13120076), dan M. Hilmi Fawwaz (18120050).

Alat penyadap SADAPtech bekerja menggunakan gerinda tangan yang dihubungkan dengan baterai sebagai pengganti mata pisau manual. Gerinda ini telah dimodifikasi agar dapat mengikis kulit pohon karet dengan cepat dan rapi sehingga mampu mengejar rentang waktu yang optimal dalam penyadapan.

Editor : Okky Adiana

Follow Berita iNews Cimahi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut