get app
inews
Aa Read Next : Pakar ITB Soal Gempa: Waspada Pergerakan Sesar Aktif dan Pentingnya Mitigasi Bencana

Warga Panik! Gempa Jember Terasa hingga Wilayah Gunung Semeru

Selasa, 06 Desember 2022 | 17:23 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

LUMAJANG, iNewsCimahi.id - Gempa bumi yang terjadi di Jember turut dirasakan hingga kawasan Gunung Semeru. Bahkan, getaran gempa berkekuatan M6,2 tersebut membuat warga sekitar Gunung Semeru di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, panik hingga berhamburan keluar rumah.

Kepala Desa (Kades) Supiturang Pronojiwo Nurul Yakin mengakui getaran gempa terasa kencang di daerahnya. Gempa ini membuat ia dan sejumlah warganya panik keluar dari bangunan.

"Panik kami pak, gempanya terasa lama sekitar 7 detik, guncangannya kencang juga. Semua keluar rumah," ucap Nurul Yakin, dikonfirmasi MPI, melalui pesan singkatnya.

Bahkan beberapa warga desanya hingga pukul 13.45 WIB masih berada di luar rumah karena takut terjadi hal tak diinginkan. Apalagi kondisi Gunung Semeru juga masih dinyatakan berstatus awas.

"Iya, takut karena efek Semeru (yang ditakutkan warga gempa berpengaruh ke aktivitas Gunung Semeru)," ucapnya.

Dirinya meminta warganya tetap tenang mengikuti arahan dan instruksi dari pemerintah desa yang bersumber dari instansi terkait.

Di sisi lain, Indra Sutrisno relawan SAR Semeru menyatakan, gempa bumi yang berpusat di Jember diakui terasa hingga kawasan Gunung Semeru. Hal ini membuat beberapa teman relawan dan petugas sempat keluar dari bangunan rumah.

"Waktu istirahat habis makan tadi terasa getar kita keluar langsung," kata Indra.

Sebagai informasi, BMKG menyatakan gempa berkekuatan 6,2 magnitudo pukul 13.07 WIB pada Selasa siang (6/12/2022) mengguncang kawasan Jawa Timur bagian selatan hingga terasa sampai Yogyakarta. Gempa berpusat di 284 kilometer barat daya Kabupaten Jember, dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

Editor : Megha Nugraha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut