JAKARTA, iNewsCimahi.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengapresiasi peran PT Pos Indonesia (Persero) atau PosIND dalam mendukung terlaksananya Pemilihan Umum (Pemilu) Republik Indonesia tahun 2024 berjalan lancar dan damai.
Apresiasi KPU diberikan melalui pemberian piagam penghargaan kepada PosIND bersama belasan lembaga dan perusahaan lainnya. Acara tersebut sejalan dengan digelarnya publikasi Indeks Partisipasi Pemilih 2024 di Kantor KPU, Jakarta, 10 Februari 2025.
Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk tokoh dan institusi penting lainnya dalam penyelenggaraan pemilu 2024. Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Tonggo Marbun berkesempatan menerima penghargaan tersebut.
Menurut Tonggo, Pos Indonesia menerima piagam penghargaan atas kontribusinya dalam mendukung distribusi logistik selama Pemilu 2024. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Pos Indonesia yang berperan dalam kelancaran proses pemilu, khususnya dalam aspek distribusi dan pengiriman logistik ke berbagai daerah di Indonesia.
“Pos Indonesia merasa bangga dan terhormat dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Keberhasilan dalam mendukung distribusi logistik menjadi bukti komitmen perusahaan dalam memastikan pemilu berjalan lancar dan sukses di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.
Menurut dia, penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus memberikan pelayanan terbaik, terutama dalam mendukung agenda nasional yang melibatkan seluruh masyarakat.
Menurut dia, selama Pemilu 2024, PosIND ikut terlibat dan memastikan kelancaran pengiriman surat suara, kotak suara, dan perlengkapan pemilu lainnya ke seluruh wilayah Indonesia.
Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang layanan kurir dan logistik, Pos Indonesia memiliki jaringan luas yang menjangkau hingga pelosok negeri, sehingga dipercaya sebagai mitra utama dalam distribusi pemilu.
Saat ini, PosIND memiliki cakupan luas di 232 negara tujuan, 6.592 kecamatan, dan 74.954 desa di Indonesia. PosIND ditopang oleh 6 Kantor Pos regional, 42 Kantor Pos Cabang Utama (KCU), 168 Kantor Pos Cabang (KC), dan 3.630 Kantor Pos Cabang Pembantu (KCP).
Selama Pemilu 2024, PosIND memastikan kesiapan armada dan personel yang diterjunkan untuk mendistribusikan logistik dengan aman dan tepat waktu hingga pelosok negeri.
Menurut dia, dengan pengalaman di bidang pengiriman, PosIND memastikan setiap perlengkapan pemilu yang dikirim melalui PosIND tiba di tempat tujuan dalam kondisi baik. Juga sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum.
Tonggo mengaku, keterlibatan dalam distribusi Pemilu 2024 merupakan suatu kebanggaan dan bentuk kontribusi nyata dalam mendukung proses demokrasi di Indonesia. “Kepercayaan yang diberikan kepada Pos Indonesia menjadi motivasi untuk terus meningkatkan layanan dan memastikan distribusi logistik berjalan lancar," ujar dia.
Selain mendistribusikan logistik pemilu, Pos Indonesia juga memastikan sistem pengawasan dan monitoring berjalan dengan ketat, guna menghindari kendala yang dapat menghambat jalannya pemilu. Dengan dukungan teknologi dan sistem manajemen logistik yang modern, distribusi logistik pemilu dilakukan dengan efisien dan transparan.
***
Tentang Pos Indonesia
PT Pos Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa kurir dan logistik, jasa keuangan, serta property. Didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746, PT Pos Indonesia (Persero) menjadi salah satu BUMN tertua di Indonesia.
Sejak 2023, perusahaan yang identik dengan logo burung merpati ini meresmikan merek dan logo barunya yang bertajuk PosIND. PosIND yang merupakan singkatan dari Pos Indonesia Integrated National Distribution merupakan wujud langkah transformatif Pos Indonesia sebagai perusahaan logistik yang dapat bersaing secara global.
Dalam melaksanakan pelayanan pos di Indonesia, perusahaan ini membaginya ke dalam enam daerah atau regional. Memiliki 6 Kantor Pos regional, 42 Kantor Pos Cabang Utama (KCU), 168 Kantor Pos Cabang (KC), dan 3.630 Kantor Pos Cabang Pembantu (KCP).
Seiring zaman yang yang semakin modern, transformasi digital diterapkan oleh PosIND pada layanannya. Adapun layanan digital yang ditawarkan oleh, yaitu Pos Aja! yang merupakan aplikasi jasa pengiriman yang berbasis digital courier dan Pospay, aplikasi layanan keuangan gabungan dari transformasi digital produk kantor pos dan giro.
Saat ini, PosIND memiliki tiga anak perusahaan, yaitu Pos Logistic yang bergerak pada bidang bisnis logistik, Pos Properti yang mengurus sektor perhotelan dan bisnis konstruksi properti, dan Pos Fin, layanan yang bergerak di bidang jasa keuangan berbasis teknologi.
Editor : Okky Adiana
Artikel Terkait