JAKARTA, iNewsCimahi.id - PT Pos Indonesia (PosIND) bersama Bank Lampung resmi menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Gedung Pos Indonesia Jakarta, Senin 9 Desember 2024.
Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Bisnis Bank Lampung, Ahmad Jahri dan Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Haris. Turut hadir manajemen lainnya dari kedua belah pihak.
Menurut Haris, kolaborasi ini bertujuan memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat, meningkatkan literasi keuangan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.
"Kerja sama ini tidak hanya memperluas layanan, tetapi juga diharapkan mampu mempermudah akses terhadap produk perbankan. Dengan begitu, kita dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat," ujar Haris.
Menurut dia, beberapa poin kerja sama mencakup layanan Cash In/Cash Out (CICO). Di mana nasabah Bank Lampung kini dapat melakukan transaksi setoran dan penarikan tunai melalui Kanal Teller PosIND yang tersebar di seluruh Indonesia.
Kemudian, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB-P2). Melalui Kanal Bayar PosIND, masyarakat dapat membayar pajak PBB secara mudah.
“Juga ada layanan pemanfaatan biller PosIND yang akan terintegrasi dengan layanan Bank Lampung. Ini memungkinkan nasabah melakukan pembayaran atau pembelian melalui Mobile Banking dan Agen Laku Pandai,” jelas dia.
Sementara itu, Pj Direktur Utama Bank Lampung, Mahdi Yusuf mengatakan, kerja sama ini memperkuat jaringan Bank Lampung, sekaligus mendekatkan layanan kepada nasabah.
“Sinergi ini menunjukkan bahwa layanan Bank Lampung kini semakin luas dan hadir di mana-mana. Hal ini sejalan dengan tagline baru kami, ‘Selalu Bersama Anda’, sebagai wujud komitmen untuk selalu hadir dalam setiap langkah perjalanan finansial nasabah,” jelas Mahdi Yusuf.
Mahdi juga menyampaikan bahwa jaringan Bank Lampung kini telah terkoneksi dengan 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Dengan integrasi ini, nasabah Bank Lampung dapat memanfaatkan berbagai layanan PosIND, baik untuk transaksi tunai maupun pembayaran pajak.
Kolaborasi antara Pos Indonesia dan Bank Lampung diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Selain memperluas jangkauan layanan perbankan, sinergi ini juga mendorong kemudahan bertransaksi, khususnya bagi masyarakat di daerah yang memiliki akses terbatas terhadap layanan keuangan.
Dengan adanya kerja sama strategis ini, kedua institusi optimistis dapat memberikan layanan yang lebih baik, inovatif, dan inklusif, guna mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.
Editor : Okky Adiana
Artikel Terkait